Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (AP I) sudah menerima 66 permohonan pernerbangan tambahan atau extra flight yang diajukan empat maskapai jelang gelaran MotoGP Grand Prix of Indonesia 2023 di Mandalika.

Rinciannya, tiga maskapai nasional dan satu internasional.

“Hingga saat ini, kami mencatat telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau extra flights yang diajukan oleh 4 maskapai nasional yakni Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, serta 1 maskapai internasional yaitu Malaysia Airlines,” ujar Direktur Utama AP1 Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Senin, 9 Oktober.

Mulai besok Selasa, 10 Oktober, sambung Faik, Bandara Lombok dijadwalkan akan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan.

“Kami juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal, serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap,” katanya.

Faik mengatakan AP I juga sudah memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, yakni dengan melakukan penyesuaian waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada periode 13 hingga 16 Oktober mendatang.

Sedangkan dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP1 bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.

“Dalam satu kesatuan, AP1 Group bersinergi dan mengintegrasikan layanan untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta kejuaraan, tim balap, hingga para penumpang secara umum yang hendak menjadi saksi para pembalap kelas dunia berlaga di Sirkuit Mandalika,” ucap Faik.

Selain itu, kata Faik, dua anak usaha AP I yakni Angkasa Pura Logistik (APL) dan Angkasa Pura Hotel (APH) juga berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023.

Dimana untuk penyediaan layanan logistik, anak usaha AP1 yakni APL telah menangani 377 ton logistik berupa kendaraan peserta kejuaraan dan spareparts pendukung.

APL memegang peranan penting mulai dari tahap unloading logistik dari pesawat kargo, pengangkutan logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika, hingga proses pembongkaran kargo ketika tiba di sirkuit.

Kata Faik, APL juga melayani penanganan kargo milik Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, hingga pengangkutan menuju Sirkuit Mandalika.

APL juga akan berperan dalam pengangkutan logistik dari sirkuit kembali ke bandara untuk proses keberangkatan menuju Australia yang merupakan seri selanjutnya setelah Grand Prix of Indonesia.

Sementara untuk penyediaan layanan hospitality, anak usaha AP1 yaitu APH menyediakan layanan fast track penumpang melalui Premium Airport Special Service (PASS), serta layanan Concordia Airport Lounge yaitu layanan VIP yang diperuntukkan bagi penumpang dan peserta kejuaraan.

“Berbagai dukungan yang kami hadirkan ini merupakan wujud nyata atas komitmen AP1 Group untuk mendukung pelaksanaan dan kesuksesan perhelatan akbar ini, dimulai dari tahap persiapan, hari H pelaksanaan, hingga after event,” pungkas Faik.