Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Whoosh Resmi Beroperasi
Jokowi resmikan whoosh (foto: tangkapan layar youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh. Moda transportasi pertama di Indonesia ini siap melayani masyarakat menuju ke Kota Bandung.

“Bismillahiromanirohim Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ujar Jokowi dalam peresmian, di Stasiun Halim, Jakarta, Senin, 2 Oktober.

Jokowi mengatakan kereta cepat ini merupakan moda transportasi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kata dia, diresmikannya kereta cepat ini juga menandai modernisasi trnaspotasi massal di Tanah Air.

“Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi trnaspotasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan dan terintergrasi dengan moda transportasi lainnya maupun terintergasi dengan TOD, transit oritented development, dan proyek kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita,” ujarnya.

Sekadar informasi, akses calon penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh menuju Stasiun Halim Jakarta semakin mudah karena adanya integrasi antarmoda dengan Transjakarta dan LRT Jabodebek.

Untuk mendukung beroperasinya kereta cepat, telah dilakukan uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dengan rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan D.I Panjaitan-Stasiun Halim dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim ini berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta Nomor 1033 Tahun 2023 tentang Penugasan Kepada Perseroran Terbatas Transportasi Jakarta Dalam Uji Coba Rute Baru 7W (Cawang-Stasiun KCJB Halim) sebagai Layanan Feeder LRT  Jabodebek tertanggal 26 September 2023.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan kehadiran Transjakarta akan memberikan dampak besar terhadap aksesibilitas Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim.

“Kehadiran Transjakarta ini akan mempermudah masyarakat dari berbagai area di Jakarta untuk menaikki Kereta Cepat Whoosh,” kata Eva, Minggu, 1 Oktober.

Selain Transjakarta, Eva mengatakan Stasiun Halim juga saat ini sudah terkoneksi dengan stasiun LRT Jabodebek. Bukan hanya itu, Stasiun Halim dapat diakses melalui jalan DI Panjaitan sebagai akses utama dan Exit Tol Japek KM 1+850.

“Seluruh akses strategis tersebut akan menghubungkan Kereta Cepat Whoosh dengan kawasan publik,” katanya.