Hari Ketiga Operasional Berbayar, Kereta Cepat Whoosh Layani Sekitar 7.000 Penumpang
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sebanyak 7.000 penumpang telah menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh di hari ketiga penerapan operasional berbayar.

Sekadar informasi, moda transportasi ini resmi beroperasi secara komersial mulai 17 Oktober. Adapun jumlah penumpang tersebut akumulasi dari hari pertama beroperasi hingga Kamis 19 Oktober 2023.

General Manager Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan terdapat empat kereta yang berjalan dengan okupansi mencapai 96 persen, sementara sejumlah kereta lainnya okupansi berkisar antara 40 sampai 70 persen.

“Jumlah penumpang tersebut meningkat hampir 2 kali lipat jika dibandingan jumlah penumpang pada Rabu 18 Oktober 2023,” tutur Eva dalam keterangan resmi, Jumat, 20 Oktober.

Eva mengatakan secara total terdapat sekitar 31.000 tiket terjual untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh sejak tanggal 17 hingga 23 Oktober.

“KCIC mengimbau bagi masyarakat yang sudah membeli tiket hingga perjalanan 23 Oktober 2023 agar memperhatikan kembali jadwal perjalanannya, karena jika tertinggal kereta maka tiket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan,” katanya.

Lebih lanjut, Eva juga mengatakan perubahan jadwal dan pembatalan perjalanan hanya dapat dilakukan di loket stasiun dengan batasan waktu selambatnya dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

“Melihat tingginya minat masyarakat untuk perjalanan Kereta Whoosh maka KCIC menambah hingga 12 jadwal perjalanan baru Kereta Cepat Whoosh khususnya untuk keberangkatan di akhir pekan ini pada Jumat, Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Eva mengatakan, masyarakat yang akan menggunakan Kereta Cepat Whoosh di akhir pekan ini dapat segera membeli tiket melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat serta aplikasi penjualan tiket yang sudah bekerjasama seperti Access By KAI dan Livin Mandiri.

Selain itu, sambung Eva, pembelian juga dapat melalui website ticket.kcic.co.id, loket dan ticket vending machine yang ada di stasiun.

Sekadar informasi, saat ini KCIC sedang memberikan promo tiket kereta cepat sebesar Rp150.000 untuk satu kali perjalanan dan untuk semua tujuan. Harga tersebut berlaku mulai 18 Oktober hingga 30 November.