JAKARTA - PT Era Media Sejahtera Tbk (DOOH) atau SSPACE telah berhasil mempertahankan kinerja positifnya pada triwulan II 2023. Laba bersih Perseroan tercatat tumbuh signifikan dari sebelumnya tercatat mengalami kerugian sebesar Rp4,54 miliar pada tahun 2022 menjadi tumbuh dan mencapai laba positif sebesar Rp3,91 miliar di triwulan II tahun 2023 sebagaimana tertuang dalam laporan keuangan Perseroan untuk periode yang berakhir pada 30 Juni 2023.
Pendapatan Perseroan juga bertumbuh kuat sebesar 1.043 persen dari Rp7,05 miliar pada semester I tahun 2022 menjadi Rp73,55 miliar pada semester I tahun 2023. Kinerja positif ini tidak lepas dari kontribusi bisnis periklanan dan konsultasi manajemen dengan solusi periklanan Guaranteed ROAS (Return on Ad Spend) yang meningkat pesat.
Di sisi lain, Aset SSPACE juga terus bertumbuh dan mencatatkan kenaikan sebesar 297 persen menjadi Rp239,12 miliar dibandingkan posisi akhir tahun 2022 yang sebesar Rp80,64 miliar. Ekuitas Perseroan juga meningkat sebesar 343 persen menjadi Rp220,86 miliar dibandingkan dengan posisi ekuitas pada akhir tahun 2022 yang sebesar Rp64,42 miliar.
Ke depan Perseroan terus berfokus dalam mengoptimalkan seluruh aset media yang dimiliki pada berbagai ekosistem transportasi, toko, area publik dan area ritel serta layanan solusi terintegrasi dengan Garansi 100 persen Return On Ad Spend (ROAS) yang dirilis Perseroan, sehingga SSPACE diharapkan dapat mencapai potensi penuhnya dan terus bertumbuh pada jangka panjang. Terlebih lagi dengan adanya potensi pertumbuhan belanja iklan pada tahun politik yang akan datang.
Potensi tinggi atas periklanan ke depan diperkuat juga dengan data yang dirilis Nielsen pada tahun 2022, di mana Indonesia menjadi tempat belanja iklan terbesar dengan nilai 19,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp287,82 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat signifikan pada tahun-tahun berikutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan bisnis digital. SSPACE berharap dapat terus memperluas pengembangan solusi periklanan ke berbagai ekosistem media di seluruh Indonesia.
BACA JUGA:
Direktur Utama SSPACE, Vicktor Aritonang mengungkapkan, kinerja SSPACE yang terus tumbuh hingga triwulan II 2023 ini tidak lepas dari upaya seluruh stakeholders yang telah bekerja keras. Melalui upaya perbaikan dan inovasi periklanan secara terus menerus dan terarah yang dilakukan di tahun 2023 ini telah berhasil membawa perseroan mencapai pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dari pencapaian tahun sebelumnya.
"Perseroan fokus mengkombinasikan antara media dan advertising services sebagai pilar bisnis SSPACE dan juga dengan keunggulan kompetitif yang memberikan layanan Garansi 100 persen ROAS (Return on Ad Spend) bagi para klien Perseroan, sehingga SSPACE dapat mencapai kinerja bisnis yang terus bertumbuh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu 27 September.