Datang Langsung ke China, Ma'ruf Amin Pastikan Bahan Baku Kosmetik yang Diimpor Halal
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin hari ini diketahui melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang berada di China.

Dalam agenda tersebut Wapres mendukung program percepatan sertifikasi halal yang diusung Pemerintah Indonesia di luar negeri. Dia menyebut RI telah memiliki empat kantor serupa di berbagai negara, salah satunya ada di China.

“Kantor perwakilan kita di China telah diinisiasi sejak tahun 2008. Keberadaan kantor perwakilan kami di Shanghai mempermudah sertifikasi halal produk asal China yang pada akhirnya akan mendukung pemerintah dalam memenuhi ketersedian bahan baku pangan, farmasi, dan kosmetik yang halal sehingga program sertifikasi 10 juta produk halal 2024 akan lebih mudah,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Senin, 18 September.

Wapres menjelaskan, pemerintah terus mendukung LPPOM MUI dalam memberikan jaminan kehalalan kepada konsumen dalam mengkonsumsi produk yang berasal atau berbahan baku asal negara ini. Seperti diketahui, sampai saat ini masih banyak bahan baku pangan, obat maupun kosmetika yang diimpor dari China.

“Kini, ketika kewajiban sertifikasi halal sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia, keberadaan kantor perwakilan LPPOM MUI di luar negeri dapat membantu pemerintah, dalam hal ini Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mensosialisasikan regulasi jaminan produk halal,” tuturnya.

Dengan demikian, sambung Wapres, para pengusaha luar negeri dapat memahami dengan baik regulasi halal Indonesia dan berusaha memenuhinya.

"Kami hadir untuk membantu perusahaan yang tidak berada di Indonesia dan tidak mampu berbahasa Indonesia mendapatkan informasi terkini dan akurat terkait sistem sertifikasi halal di Indonesia beserta dukungan teknisnya," tegas dia.

Disebutkan bahwa menapak tilas awal mula LPPOM MUI melakukan audit halal ke Tiongkok untuk pertama kalinya, dimulai pada awal 2000. Perlahan jumlah perusahaan yang mendaftar meningkat.

Adapun, pada periode 2008 LPPOM MUI menandatangani kerja sama dengan Shanghai Al Amin untuk membantu LPPOM MUI dalam promosi sertifikasi halal di pasar Tiongkok. Melalui kerja sama ini, permintaan perusahaan Tiongkok untuk mendapatkan sertifikat halal semakin meningkat.

Kemudian pada 2011 LPPOM MUI memutuskan untuk meningkatkan kerjasama dengan Shanghai Al Amin dalam bentuk kantor perwakilan di Shanghai guna menampung dan memfasilitasi permohonan dari perusahaan Tiongkok.

Sampai saat ini, lebih dari 1.000 perusahaan dan lebih dari 7.000 produk di Tiongkok telah memperoleh sertifikat halal melalui kantor perwakilan LPPOM MUI Shanghai. Cakupan perusahaan meliputi kategori bahan baku makanan, minuman dan pangan olahan, vitamin dan suplemen, enzim, kosmetik, serta obat-obatan dan vaksin.

Lalu, pada 2022 LPPOM MUI telah memperlebar kerja sama dengan Shanghai SAPH Pharma Co. Ltd (SAPH Pharm) terkait laboratorium pengujian berupa Animal DNA Testing, Porcine DNA Testing, dan Jenis DNA Testing dari hewan lainnya, seperti sapi, ayam, kambing, ikan, domba/biri-biri.