10 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah Agar Pembeli Rumah Tak Terlalu Banyak Nawar
Ilustrasi renovasi rumah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa nilai jual rumah bisa turun namun bisa pula naik. Meningkatkan nilai jual rumah dilakukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Untuk mencapai hal tersebut, pemilik rumah harus tahu bagaimana cara meningkatkan nilai jual rumah.

Artikel berikut ini akan menginformasikan kepada pembaca terkait cara menambah nilai jual rumah agar terhindar dari kerugian dan mendapat keuntungan ekonomi.

Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Meningkatkan nilai jual properti rumah, ruko, atau jenis bagunan lain bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus mempekerjakan pemborong asal Anda tahu faktor apa saja yang membantu meningkatkan nilai jualnya. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Perbaiki Fasad Rumah

Fasad bisa diartikan sebagai penampilan depan rumah. Nilai ekonomi sebuah rumah bisa ditingkatkan asal dilakukan perbaikan fasad. Perbaikan yang dimaksud tidak melulu bersifat besar, namun bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana.

Perbaikan pada fasad rumah perlu dilakukan karena yang pertama kali dilihat dari sebuah rumah adalah fasad. Pembeli akan memiliki kesan positif saat melihat fasad rumah rapi, bersih, dan menarik.

Perbaikan fasad sendiri bisa dilakukan pada pintu, jendela, atau bisa pula pada tritisan yang ada di bagian depan. Perbaikan bisa dilakukan dengan memperhatikan fungsi dan estetika.

  1. Pengadaan Taman Kecil

Taman di pekarangan rumah membantu meningkatkan kesan baik pada bangunan. Usahakan untuk menanam tanaman seperti rumput atau tanaman hias. Penanaman tanaman hias bisa dilakukan langsung di tanah atau dengan media pot.

Kerapian taman juga perlu diperhatikan agar muncul kesan bahwa rumah tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

  1. Pengecatan Ulang

Cat tembok rumah kusam justru menurunkan nilai jual rumah. Kondisi tersebut menandakan bahwa rumah tidak dirawat dengan baik sehingga kesannya rumah tak dirawat. Untuk menghindari hal tersebut, pemilik properti disarankan untuk melakukan pengecatan ulang. Sesuaikan warna cat dengan mempertimbangkan warna lantai.

  1. Perbaiki Kerusakan

Agar nilai jual rumah naik, pemilik harus memperhatikan kerusakan seperti kerusakan di atap, tembok, lantai, pintu, dan sebagainya. Memperbaiki kerusakan rumah akan mencegah pembeli menawar dengan harga rendah dari harga yang ditawarkan pemilik.

  1.   Rapikan Dapur dan Kamar Mandi

Bagi sebagian orang, penampilan dapur dan kamar mandi sangat penting. Selain penampilan pemilik rumah juga harus memperhatikan kebersihannya. Pentingnya kamar mandi dan dapur membuat sebagian orang memilih melakukan renovasi 100 persen demi meningkatkan nilai jual rumah.

  1. Beri Penambahan Fasilitas

Penambahan nilai jual juga bisa didapatkan setelah dilakukan penambahan fasilitas tertentu. Sebagai contoh penambahan pemanas air, perbaikan pada shower, penambahan jendela, dan sebagainya. Fasilitas tersebut bisa meningkatkan kenyamanan calon penghuni sehingga mereka berani membayar lebih mahal dibanding rumah yang tak memiliki fasilitas tersebut.

  1. Tingkatkan Keamanan

Kemanan rumah jadi pertimbangan penting bagi pembeli sehingga mereka bersedia membayar uang ekstra. Peningkatan keamanan rumah misalnya dengan mengubah pagar agar lebih tinggi, atau penambahan pintu gerbang di area garasi.

  1. Tambahkan Isian Penting

Penjual rumah juga bisa menambahkan isian rumah yang pokok seperti meja dan sofa untuk tamu, atau penambahan meja televisi di ruang keluarga. Meski tak banyak, isian rumah dapat meningkatkan nilai tawar pada rumah.

  1. Tambahkan Lampu

Keberadaan lampu juga sangat penting, tidak hanya menambah nilai guna, penambahan lampu akan meningkatkan estetika ruangan. Langkah ini bisa dilakukan dengan menambah lampu gantung di area ruang tamu atau di dapur.

  1. Poles Lantai Marmer

Jika rumah menggunakan marmer, pemilik rumah dapat melakukan poles ulang agar lebih bersih dan berkilau. Berbeda jika kondisi marmer telah kusam atau kotor, pembeli akan mempertimbangkan ulang pembelian rumah dengan harga yang ditawarka.

Itulah informasi terkait cara meningkatkan nilai jual rumah. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.