Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjual rumah dalam waktu singkat bukanlah perkara mudah. Menjual rumah itu ibarat mencari jodoh, perlu kecocokan. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari pembeli yang berjodoh dengan rumah yang ingin dijual. Kendati terkesan susah, tak ada salahnya Anda mempraktikkan cara jual rumah agar cepat laku.

Cara Jual Rumah Agar Cepat Laku

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips jual rumah dalam waktu singkat yang bisa Anda praktikkan:

  1. Merenovasi rumah sebelum promosi di media periklanan

Sedianya, renovasi rumah tidak termasuk hal mutlak yang dilakukan sebelum menjual rumah. Kendati demikian, Anda perlu memertimbangkan renovasi karena hal itu dapat memberikan nilai tambah di mata calon pembeli.

Menyadur Home Light, dalam survei yang dilakukan oleh Coldwell Banker di tahun 2020 terhadap 2.000 orang Amerika, 80 persen diantaranya lebih suka membeli rumah yang tak perlu direnovasi lagi.

Itu artinya, calon pembeli cenderung lebih menyukai rumah yang sudah siap huni meskipun harganya relatif lebih mahal.

  1. Cek harga tanah di sekitar wilayah rumah yang ingin dijual

Ketika ingin menjual rumah, jangan lupa untuk mengecek harga tanah di sekitar wilayah rumah Anda. Hal ini supaya Anda dapat menentukan harga rumah yang ingin di jual.

Cara cek harga tanah di sekitar rumah yang ingin dijual adalah dengan melakukan riset lewat situs-situs pencarian properti di Indonesia. Berikutnya, hitunglah perkiraan harga luas bangunan di rumah yang dijual untuk menemukan harga tanah dan bangunan. Hasil dari penjumlahan harga itu dapat digunakan sebagai valuasi harga rumah Anda.

Selain itu, cek juga Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di kawasan sekitar rumah Anda di dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang setiap tahun diterima. Di sana tertera informasi mengenai NJOP, baik tanah maupun bangunan.

Biasanya, rumah dijual seharga dua atau tiga kali lipat di atas NJOP. Akan tetapi, jika rumah yang dijual berada di wilayah strategis, harganya bisa berkali-kali lipat.

  1. Manfaatkan platform jual beli rumah

Memasang iklan di platform jual beli rumah dapat meningkatkan keterjangkauan calon pembeli.

Nah, supaya jualan Anda cepat laku, tampilkan foto yang representatif dan manfaatkan fitur advertise agar iklan rumah Anda muncul di halaman pertama. Akan tetapi, Anda harus membayar jika Anda ingin menggunakan fitur ini.

  1. Pasang iklan di media sosial

Media sosial seperti Instagram dan Facebook, cukup efektif untuk memasang iklan jual rumah. Unggahlah foto-foto rumah yang Anda jual beserta informasinya. Jangan lupa untuk di-boost dan targetkan siapa yang bakal melihat unggahan ini.

  1. Manfaatkan agen properti

Asal tau saja, agen properti dapat memainkan peran penting dalam penjualan rumah secara cepat. Oleh sebab itu, manfaatkanlah agen properti jika ingin rumah Anda tetap terjual. Pilihlah agen properti yang sudah punya riwayat bagus dan terpercaya. Jika rumah Anda sudah terjual, komisi untuk si agen.

Umumnya, agen properti akan meminta komisi sebesar 2,5 persen dari total harga juak rumah.

Demikian informasi tentang cara jual rumah agar cepat laku. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.