Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan LRT Jabodebek merupakan wujud transportasi publik dengan teknologi yang semakin maju.

Karena itu, kata dia, Indonesia harus bangga dengan kehadiran moda transportasi ini.

Pasalnya, sambung Budi, LRT Jabodebek merupakan moda transportasi hasil karya anak bangsa.

Adapun transportasi massal ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi.

“Kita harus bangga karena ini dikerjakan oleh para anak bangsa. 90 persen produk anak bangsa,” katanya dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin, 28 Agustus.

Kata Budi, dengan beroperasinya LRT Jabodebek untuk masyarakat menandakan bahwa transportasi di Indonesia semakin maju.

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah karena moda transportasi light rapid transit atau lintas raya terpadu (LRT Jabodebek) akhirnya dapat diresmikan. Alhamdulillah ini pencapaian besar pembangunan di sektor transportasi yang semakin maju,” ucapnya.

LRT Jabodebek Aman

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan transportasi LRT Jabodebek yang dijalankan tanpa masinis atau driverless, aman untuk digunakan.

Karena itu, kata dia, masyarakat tidak perlu cemas terhadap aspek keselamatan transportasi umum tersebut.

“Ini sebuah kemajuan teknologi yang saya rasa masyarakat pasti sebagian masih deg-degan. Teknologi sudah dijalankan tanpa masinis, bukan berarti tidak aman ya,” ujarnya.

Erick mengatakan, kereta yang melaju tanpa masinis ini adalah sebuah percepatan kemajuan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk transportasi publik.

“Kenapa sejak kemarin kita ada sinkronisasi mengenai sistem supaya (menjamin) keselamatan masyarakat,” tuturnya.