Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjaga pelanggan agar tetap loyal pada perusahaan adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan meluncurkan program loyalitas. Lalu apa itu program loyalitas dalam konteks bisnis sebenarnya?

Apa Itu Program Loyalitas

Seperti namanya, program loyalitas adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga dan memberikan apresiasi terhadap pelanggan yang loyal. Program ini menyasar pelanggan yang setia memakai atau menggunakan barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dalam jangka waktu lama.

Program loyalitas ini menjadi bagian dari strategi pemasaran para pelaku bisnis agar pelanggan yang telah menggunakan produk perusahaan tetap setia pada produk tersebut sehingga terus melakukan transaksi.

Manfaat Program Loyalitas

Kesetiaan pelanggan terhadap produk tertentu sangat penting, terutama di era seperti sekarang mengingat saat ini banyak produk dengan berbagai merek sehingga potensi pelanggan untuk berpindah haluan sangat besar. Lalu, apa saja manfaat program loyalitas?

  1. Menjaga Pasar

Di tengah kondisi pasar yang fluktuatif, program loyalitas berperan untuk menjaga pasar agar tetap stabil sehingga potensi penurunan penjualan produk bisa diminimalisir.

  1. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, pelanggan atau konsumen adalah hal yang sangat penting. Perusahaan yang berhasil menjaga hubungan baik dengan pelanggan dapat membantu pertumbuhan perusahaan.

  1. Meningkatkan Penjualan

Program loyalitas juga berperan untuk meningkatkan penjualan karena biasanya dalam program loyalitas, perusahaan akan memberikan tawaran yang menarik untuk pelanggan sehingga potensi perusahaan menjual produknya lebih mudah tercapai.

  1. Mempertahankan Pelanggan Lama

Perusahaan yang memiliki pelanggan loyal yang bertahan dengan produk barang maupun jasa yang diproduksi punya peran penting dalam perkembangan bisnis. Secara tidak langsung mereka memberikan informasi penting untuk pengembangan produk.

  1. Menarik Pelanggan Baru

Tahukah Anda bahwa pelanggan loyal baik secara langsung maupun tidak ikut meningkatkan brand awareness terhadap produk atau perusahaan. Saat proses tersebut terjadi sangat mungkin untuk menarik pelanggan baru.

Contoh Program Loyalitas

Saat ini banyak perusahaan yang membuat program loyalitas. Bentuk dan contohnya pun beragam yakni sebagai berikut.

  1. Poin Loyalitas

Program ini akan memberikan poin kepada konsumen untuk setiap pembelian terhadap produk tertentu. Saat pelanggan mendapat poin dalam jumlah tertentu, mereka bisa menukarkan poin tersebut dengan hadiah atau fasilitas menarik seperti souvenir, cashback, dan sebagainya.

Sebagai contoh, marketplace akan memberikan 5 koin bagi pelanggan yang melakukan review produk sesuai S&K yang berlaku.

  1. Tiered Loyalty

Bentuk tiered loyalty yang diberikan adalah berupa keuntungan tertentu yang didasarkan pada peringkat yang berhasil dicapai oleh pelanggan. Semakin tinggi peringkat yang berhasil dicapai konsimen, semakin banyak pula benefit yang akan didapatkan oleh konsumen.  

Sebagai contoh, marketplace A akan memberikan diskon 10 persen bagi pelanggan bronze. Sedangkan untuk pelanggan silver akan mendapatkan diskon 20 persen, begitu seterusnya.

  1. Member

Pernahkah Anda menjumpai promo 50 persen khusus member? Bentuk promo tersebut menjadi bagian dari program loyalitas. Perlu diketahui bahwa keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang menjadi member juga beragam, bisa berupa souveni, diskon, gratis ongkir, dan sebagainya.

Itulah informasi tentang apa itu program loyalitas. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.