Naik Tipis, Laba Bersih Semen Indonesia Capai Rp866 Miliar di Semester I-2023
Ilustrasi Semen indonesia (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG catat laba periode berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp866 miliar di semester I-2023. Capaian meningkat 3,1 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya di Rp840 miliar.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan laba bersih perseroan ditopang oleh pendapatan yang mencapai Rp17,03 triliun pada semester I-2023, atau meningkat 2 persen (yoy), dibandingkan sebelumnya sebesar Rp16,70 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Meskipun pasar domestik terkontraksi 5 persen, Vita menyebut perseroan mampu menjaga volume penjualan total tumbuh 0,1 persen (yoy) yang ditopang oleh pertumbuhan penjualan ekspor.

Seiring dengan itu, perseroan mencatatkan beban pokok pendapatan sebesar Rp12,61 triliun, dengan EBITDA tercatat sebesar Rp3,5 triliun.

Lalu, perseroan mencatatkan beban operasional yang turun 9,5 persen (yoy) menjadi Rp2,54 triliun pada semester I-2023, dari sebelumnya sebesar Rp2,81 triliun pada periode sama tahun lalu.

Kemudian, beban keuangan bersih menurun 15,3 persen (yoy) menjadi Rp590 miliar, dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp697 miliar.

“Peningkatan laba bersih yang didorong oleh kapabilitas pengelolaan kenaikan biaya, optimalisasi utilisasi, serta efisiensi operasional dan beban keuangan, merupakan bukti ketahanan SIG mengatasi berbagai tantangan,” kata Vita.

Meskipun terdampak kenaikan harga bahan bakar yang terjadi pada kuartal IV-2022, Vita menyebut peningkatan operational excellence yang dilakukan telah meminimalkan dampak kenaikan biaya perseroan.

Dia menjelaskan, perseroan mencapai peningkatan operational excellence melalui sejumlah inisiatif, di antaranya efisiensi indeks konsumsi batu bara, penurunan specific thermal energy consumption (STEC), peningkatan pemanfaatan bahan bakar alternatif, disiplin pengelolaan biaya operasi, dan efisiensi biaya keuangan dari program deleveraging.

Selain itu, ujarnya pula, perseroan mencapai target-target keberlanjutan untuk memastikan operasional ramah lingkungan dan penciptaan nilai tambah bagi pemangku kepentingan.

Hingga akhir semester I-2023, substitusi energi panas (TSR) menjadi 7,5 persen dari baseline 2019, dengan emisi karbon turun 16,94 persen menjadi 588 kg CO2/ton semen ekuivalen dari baseline 2010 (708 kg CO2/ton semen ekuivalen).

Vita mengungkapkan capaian tersebut diperoleh dari optimalisasi STEC, pemanfaatan bahan bakar alternatif dan EBT pada fasilitas-fasilitas produksi SIG.