Luncurkan Aplikasi Baru, BP Tapera Ingin Permudah Masyarakat Beli Rumah Subsidi
Komisioner BP Tapera Adi Setianto (Foto: Tangkapan Layar oleh Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Perumahan Rakyat (BP Tapera) resmi meluncurkan aplikasi Tapera Mobile untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan sejumlah layanan kredit kepemilikan rumah, termasuk rumah bersubsidi.

Selain itu, Tapera Mobile juga dapat digunakan oleh pengembang dalam memasarkan perumahan yang dibangun.

"Aplikasi Tapera Mobile bertujuan untuk mempermudah proses bisnis penyaluran pembiayaan perumahan rumah Tapera serta pengelolaan tabungan kepesertaan Tapera," kata Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam acara peluncuran aplikasi Mobile Tapera yang dipantau secara daring, pada Rabu, 2 Agustus.

Adi menyebut, aplikasi tersebut juga akan digunakan untuk melakukan pengumpulan data tren peningkatan perumahan oleh BP Tapera. Sebab, pihaknya ingin agar penyediaan rumah ke depan menyesuaikan dengan pola permintaan, sehingga rumah yang dibangun dapat terserap penuh oleh peserta.

"Proses bisnis aplikasi ini mempertemukan masyarakat kepada stakeholder kami, seperti pengembang dan perbankan yang telah bermitra bersama kami," ujarnya.

Melalui aplikasi ini, kata Adi, nantinya masyarakat cukup mengakses satu aplikasi untuk menggapai produk dan layanan di BP Tapera.

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menyebut, selama ini akses kredit perumahan yang disiapkan langsung oleh BP Tapera masih dilakukan secara manual.

Sehingga, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) semakin jauh dari harapan untuk memiliki rumah karena minimnya informasi.

"Dalam kaitan itulah, dibuat yang namanya Tapera Mobile, dia menghubungkan stakeholder yang menyalurkan perumahan. Ada pengembang yang menawarkan rumahnya, ada perbankan yang menawarkan KPR-nya, dan ada BP Tapera yang menyalurkan bantuan," ungkapnya.