Istri Mendiang Sultan Ternate Nita Budhi Ancam Laporkan Balik Perangkat Kesultanan
Nita Budhi Susanti, istri mendiang Sultan Ternate ke-48 Mudaffar Sjah mengancam melapor balik Sultan Hidayatullah Sjah dan perangkat/ANTARA

Bagikan:

TERNATE - Nita Budhi Susanti, istri mendiang Sultan Ternate ke-48 Mudaffar Sjah mengancam melapor balik Sultan Hidayatullah Sjah dan perangkat, setelah dia dipolisikan Kesultanan Ternate di Ditreskrimum Polda Maluku Utara (Malut).

"Saya akan melaporkan sejumlah aksi provokatif berupa adanya pemasangan baliho dan spanduk di berbagai Kota Ternate bertuliskan menolak Nita Budhi Susanti di Ternate dan beberapa bukti pencemaran nama baik di sejumlah media sosial dan itu akan dilaporkan ke Polda Malut," kata Nita Budhi Susanti dihubungi, Antara, Senin, 31 Juli. 

Kesultanan Ternate sendiri juga telah melayangkan laporan terhadap Nita atas penggunaan simbol-simbol kesultanan

Nitha menyebut, pihaknya membuat laporan terhadap sejumlah pihak melakukan provokatif melalui baliho dan media sosial seperti tiktok, facebook dan sampai adanya fitnah yang dialamatkan kepada salah seorang pengurus DPP PAN, Viva Yoga yang merupakan suami Nita Budhi Susanti.

Bahkan, Nita juga akan melaporkan sejumlah akun yang kerap memfitnah dirinya dan keluarganya diantaranya akun Facebook Zohra Shoraya dan akun tiktok Ngofa Ngare terkait UU ITE.

Nitha yang juga mantan anggota DPR-RI telah mendapat laporan bahwa dirinya telah dilaporkan ke Polda Maluku Utara hari ini terkait kedatangan dan sejumlah kegiatan di Ternate.

Sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Kesultanan Ternate, Darwis M Said terhadap mantan istri mendiang Sultan Ternate ke-48 Mudaffar Sjah, Nita Budhi Susanti pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023 bertempat di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Malut.

Dalam laporan itu, Nita dianggap melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan pencemaran nama baik, dimana Nita selalu mengatakan dua anak itu adalah anak sultan, ternyata hasil tes DNA bukan. Kemudian dia selalu mengatasnamakan Wali Kolano dan melantik sembarang orang.

Menurut Darwis, pihaknya pertanyakan kapasitas Nita sehingga berani melantik perangkat adat, sebab yang berhak melantik perangkat adat Kesultanan Ternate secara resmi adalah Sultan dan kalau dulunya Nita sebagai istri almarhum Mudaffar Sjah, sehingga dia dijuluki sebagai Boki atau permaisuri. Namun setelah dia menikah lagi, maka otomatis mazhabnya sudah putus.

"Sekarang ini sudah ada Boki baru, istri sah Sultan Hidayatullah Sjah, sementara Nita sekarang sudah bukan lagi istri sultan, tapi istri orang lain," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kombes Michael Irwan Thamsil ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya telah mendapatkan lapora pengaduan terhadap Nita ke Ditreskrimum Polda Malut.