Lewat Forum Ini, Kemenkop UKM Ingin Petakan Prinsip Ekonomi Sirkular bagi UMKM ASEAN
Kemenkop UKM-Sekretariat ASEAN menyelenggarakan Forum Dialog Kebijakan Regional tentang Ekonomi Sirkular. Foto: Dok. KemenKopUKM

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggandeng Sekretariat ASEAN telah menyelenggarakan Forum Dialog Kebijakan Regional tentang Ekonomi Sirkular di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada 25-26 Juli 2023.

Acara tersebut turut dihadiri oleh negara-negara anggota dan pemangku kepentingan ASEAN Access yang mencakup task force, national vocal point, dan network partner. Dari kegiatan tersebut, diharapkan nantinya bisa mendorong promosi prinsip-prinsip ekonomi sirkular di wilayah ASEAN.

Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar KemenKopUKM Pixy mengatakan, pertemuan tersebut membahas rancangan rekomendasi kebijakan untuk mempromosikan prinsip-prinsip ekonomi sirkular bagi UMKM di seluruh wilayah ASEAN.

"Pembahasan dimulai dengan diskusi untuk merumuskan rekomendasi kebijakan yang komprehensif yang berpusat pada poin-poin penting, seperti upaya peningkatan kesadaran tentang ekonomi sirkular dan transisi hijau," kata Pixy melalui keterangan tertulis yang diterima VOI, Kamis, 27 Juli.

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut, di antaranya memasukkan pemahaman konsep ekonomi sirkular ke dalam pendidikan dasar, pemanfaatan platform ASEAN Access untuk membantu transisi UMKM menuju ekonomi sirkular.

Kemudian, terkait standardisasi melalui mekanisme eco-label atau sertifikasi ASEAN yang sesuai dengan standar internasional, sinergi dengan mekanisme, framework, dan platform ASEAN yang sudah ada, serta investasi dan pembiayaan yang berkelanjutan bagi UMKM sebagai insentif untuk mendorong keterlibatan mereka dalam ekonomi sirkular.

Selain itu, ada juga pembahasan mengenai peningkatan akses pasar dan permintaan (demand) untuk produk hijau, termasuk pengadaan barang dan jasa hijau oleh pemerintah, BUMN, swasta, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta penguatan komunitas lokal untuk mendukung transisi menuju ekonomi hijau.

"Dalam agenda kali ini, para delegasi juga melakukan kunjungan ke Smesco Indonesia untuk melihat fasilitas Skyeats dan Paviliun Provinsi," ujar Pixy.

Adapun Forum Dialog Kebijakan Regional yang telah diselenggarakan tersebut merupakan hasil konsultasi dengan ASEAN Coordinating Committee on MSMEs (ACCMSME) dan Task Force ASEAN Access.

Didukung pula oleh Deutsche Gesellschaft fuer Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH dengan pendanaan dari Federal Ministry of Economic Cooperation and Development (BMZ) melalui proyek GIZ SME Promotion in ASEAN II.