Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengonfirmasi pemerintah bakal menambah bantuan sosial (bansos) pangan yang akan mulai disalurkan pada Oktober 2023 mendatang.

Menurut Menkeu, bantuan pangan berupa beras tambahan ini akan dibagikan kepada 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

“Bapak Presiden (Joko Widodo/Jokowi) telah meminta untuk kami menambahkan lagi bantuan pangan untuk masyarakat kelompok miskin. Jadi nanti pada bulan Oktober sampai dengan Desember akan ditambah lagi Rp8 triliun yang akan diberikan kepada 21,35 juta KPM,” ujarnya saat menggelar konferensi pers secara virtual, Senin, 24 Juli.

Bendahara negara menjelaskan, setiap masyarakat yang menerima akan mendapat bantuan beras sebanyak 10 kilogram setiap bulan.

“Ini merupakan on top dari penyaluran bantuan pangan beras yang sudah dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2023 yang lalu,” tutur dia.

VOI mencatat, pemerintah pada tahun anggaran 2023 telah menyiapkan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 476 triliun yang disebar ke berbagai sektor.

Angka jumbo itu diharapkan bisa menjaga daya beli masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tahun ini.

Adapun untuk anggaran ketahanan pangan 2023 tercatat sebesar Rp104,2 triliun.