Kemnaker: Indonesia Hadapi Tantangan Besar Penyediaan Lapangan Kerja
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi (foto: Dok. Kemnaker)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia menghadapi tantangan terbesar saat ini, salah satunya terkait rendahnya kualitas pertumbuhan ekonomi, terutama dalam penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengungkapkan karakteristik pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami perubahan. Dimana, Industri di dalam negeri lebih banyak padat modal daripada padat karya.

“Akibatnya angka pengangguran terbuka dan kemiskinan masih menghimpit sebagian penduduk,” ucap Sekjen Anwar Sanusi dalam keterangan resmi, Rabu, 7 Juni.

Karena itu, Anwar menyebut, pelaksanaan job fair merupakan suatu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, serta bagi perusahaan agar memperoleh kandidat yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan.

“Melalui job fair tahun 2023 di Kota Palembang ini, diharapkan akan banyak pencari kerja yang memperoleh pekerjaannya, serta pemberi kerja yang memperoleh pekerjanya,” katanya.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan informasi terkait ketenagakerjaan, seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, serta pemagangan, Kemnaker telah menyediakan berbagai layanan yang dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi SIAPKerja pada laman Kemnaker.

Selain itu, untuk aplikasi job fair, tersedia pula layanan melalui domain Kemnaker yang dapat dimanfaatkan secara online maupun offline, agar data pengunjung, peserta atau perusahaan, dan pencari kerja dapat terdokumentasi dan terlapor dengan baik dan mudah.