Ramadan Bawa Berkah! Optimisme Konsumen Melesat Sepanjang April 2023
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa persepsi konsumen terhadap perekonomian meningkat pada sepanjang April 2023 yang lalu. Hal tersebut diungkapkan BI berdasarkan hasil dari Survei Konsumen Bank Indonesia terbaru.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, saat periode yang bertepatan dengan Ramadan itu Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat sebesar 126,1.

“Angka tersebut lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu 123,3 pada Maret 2023 yang lalu,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 9 Mei.

Menurut Erwin, menguatnya keyakinan konsumen pada April 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat.

“IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini. IEK juga tercatat meningkat terutama pada indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja,” tutur dia.

Terpisah, Badan Pusat Statistik (BPS) mengkonfirmasi bahwa laju pertumbuhan Ekonomi Indonesia berhasil menembus level 3,05 persen year on year (yoy) pada kuartal I 2023.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud menjelaskan torehan positif ini ditopang oleh konsumsi yang melonjak selama Ramadan.

“Konsumsi rumah tangga menjadi penyumbang paling banyak dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB) di kuartal pertama,” katanya.