Jelang KTT ASEAN, Wamenparekraf Kunjungi Pusat Informasi Bandara Komodo
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Foto: Dok. Kemenparekraf

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, memulai kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan mengunjungi Tourist Information Center (TIC) di Bandara Internasional Komodo, pada Minggu, 7 Mei.

Dalam peninjauan tersebut, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo memantau langsung kesiapan dari TIC sebagai sarana penyedia informasi bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Labuan Bajo dan ingin mengeksplorasi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang ada di sana.

"Pusat informasi ini didirikan untuk memberikan informasi dan dukungan bagi para delegasi ASEAN Summit, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi mengenai objek wisata, toko suvenir, kuliner, dan aktivitas yang dapat dilakukan di Labuan Bajo dan sekitarnya," ujar Angela dalam siaran persnya, Senin, 8 Mei.

"Ini diharapkan bisa memberikan impresi yang baik bagi wisatawan, terutama peserta ASEAN Summit tentang Labuan Bajo," tambahnya.

Angela menilai, kehadiran TIC ini efektif sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi-potensi parekraf Labuan Bajo dan sekitarnya.

Oleh karena itu, di TIC ini dihadirkan berbagai sarana informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan mulai dari QR code, brosur-brosur penjualan paket wisata, pamflet, peta wisata Labuan Bajo, dan juga contoh-contoh produk ekraf dari pelaku UMKM setempat.

"Sehingga, dunia internasional dapat mengenal Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang ada di Indonesia. Kehadiran TIC ini kami harap juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat lokal akan pentingnya sektor pariwisata serta menjaga keberlangsungan pariwisata di Labuan Bajo," ucapnya.

Dia menuturkan, selain di Bandara Internasional Komodo, ada sembilan titik TIC lain yang tersebar di hotel-hotel yang ada di sekitar Labuan Bajo. Adapun lokasi dari kesembilan titik TIC tersebut, di antaranya Jayakarta Hotel, Sylvia Resort, Parlezzo, Flamingo Wae Cicu, Laprima Hotel, Luwansa Hotel, Hotel Bintang Flores, Loccal Collection, dan Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort.

"Saya berharap, kehadiran TIC ini bisa memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Labuan Bajo, sehingga sektor parekraf kami bisa semakin kuat," imbuhnya.

Sekadar diketahui, Labuan Bajo saat ini terpilih menjadi tuan rumah dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN/ASEAN Summit ke-42 yang akan digelar pada 9-11 Mei 2023.