JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELSA), Perusahaan jasa energi melakukan berbagai langkah green action untuk menekan emisi karbon, salah satunya melalui aksi tanam pohon yang dilakukan perusahaan di berbagai wilayah di Tanah Air.
Manager of Corporate Communications Elnusa Jayanty Oktavia Maulina menegaskan bahwa dalam upaya mendukung terwujudnya ketahanan energi nasional, Elnusa tidak melupakan arti penting lingkungan demi keberlanjutan bisnis Perusahaan.
Oleh karena itu, Elnusa telah menyiapkan rencana kegiatan operasi Perusahaan serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berwawasan lingkungan.
"Elnusa sangat peduli terhadap masa depan bumi ini, untuk itu berbagai kegiatan green action rutin dilakukan oleh Perusahaan demi membantu Pemerintah dalam upaya dekarbonisasi sesuai dengan target Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujar Jayanti dalam keterangan kepada media, Kamis 27 April.
Lebih jauh Jayanti menjelaskan, sepanjang tahun 2022 sudah banyak aktivitas green action yang dilakukan Elnusa, terutama berupa aksi tanam pohon. Tercatat ada 38 kegiatan penanaman pohon yang dikerjakan Elnusa sepanjang tahun lalu.
Jenis tanaman dan pohon yang ditanam mulai dari tanaman obat, tanaman hias, tanaman pertanian, pohon-pohon buah, hingga pohon ketapang cendana dan mangrove.
BACA JUGA:
Secara total, area yang berhasil dihijaukan Elnusa sekitar 37 hektar yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Aceh Barat, Gorontalo, Minahasa Selatan, Sibolga, Sumbawa Barat, Kutai Timur, Bima, Kolaka, Kota Baru, Dumai, Palopo, Muna, Balikpapan, Tapanuli Tengah, Samarinda, Nias, Manggarai, Bengkulu, Tapanuli Utara, Makassar, Belitung, Tanah Bumbu, Mataram, Ogan Komering ilir, Toli-toli, Parigi Moutong, Kendari, Gunung Sitoli, Pangkal Pinang, Pare-pare, Morowali Utara, Padang, tangerang selatan, Minas, hingga Pekanbaru.
Selain menanam pohon, aksi hijau lainnya yang dilakukan Elnusa di area sekitar wilayah kerja Perusahaan antara lain memberikan bibit tanaman, pupuk tanaman, pestisida, instalasi hidroponik, sampai ruang hijau kepada masyarakat sekitar, termasuk memberikan informasi positif kepada masyarakat tentang arti penting menjaga lingkungan.
Berbagai elemen masyarakat pun turut dilibatkan Perusahaan, dari pihak desa/kelurahan, kelompok tani, sekolah-sekolah, hingga menggandeng Seasoldier, sebuah Non-Governmental Organization (NGO) independen yang aktif mengajak anak-anak muda untuk peduli terhadap lingkungan.