Indonesia dan Belanda Sepakat Memperkuat Kerja Sama Keuangan Transisi
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengabarkan bahwa Pemerintah Indonesia telah mencapai komitmen dengan Pemerintah Belanda terkait dengan upaya penguatan kerja sama di bidang keuangan transisi.

Menurut dia, keuangan transisi memiliki peran penting bagi banyak negara di dunia, seperti membantu mendekarbonisasi ekonomi, keuangan transisi juga memperkuat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi negara yang menerapkan. Oleh karena itu, Indonesia terus memantau setiap progres dari agenda ini.

“Senang sekali, saya berkesempatan bertemu dengan Menteri Keuangan Belanda Sigrid Kaag untuk membahas tindak lanjut dari upaya mengatasi perubahan iklim tersebut. Beliau baru saja mengemban tanggung jawab sebagai Co-Chair Koalisi Menteri Keuangan untuk Aksi Iklim periode 2023 – 2025,” ujarnya melalui pesan tertulis dalam lawatan resmi ke mancanegara pekan ini.

Menkeu menyebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengolaborasikan Koalisi dengan G20, di mana isu transisi hijau dan kebijakan untuk memobilisasi sumber pendanaan swasta dapat berkontribusi pada prioritas agenda Keuangan Berkelanjutan dalam keketuan G20 India.

“This is our spirit in working together! Dari pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Belanda, Sigrid Kaag. Washington D.C., 15 April 2023,” tutur dia.