Kementerian PUPR Pastikan Jalur Pansela Aman Dilalui Pemudik Lebaran 2023
Kementerian PUPR Pastikan Jalur Pansela Aman Dilalui Pemudik Lebaran 2023. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur pantai selatan (Pansela) siap dilalui pemudik saat masa libur Lebaran 2023.

Menurutnya, saat ini kondisi di jalur tersebut sudah sangat baik, meskipun baru ada satu tempat peristirahatan.

"Pansela kondisinya sangat baik, walaupun hanya baru (ada) satu tempat istirahat, namun Pertamina sudah memprogramkan Mobile Pertamina yang akan melayani sepanjang Pansela," kata Menteri Basuki kepada wartawan usai ditemui di Gedung DPR, Selasa, 4 April.

Basuki mengatakan, saat ini jalur Pansela sudah dapat dilewati hingga ke Sendangbiru yang mengarah ke Banyuwangi.

Akan tetapi, menurut dia, jalur Pansela masih butuh penerangan lebih agar meningkatkan kemantapan dan kenyamanan para pengguna jalan.

"Kemarin saya baru dari sana, itu baru ada satu rest area di Pansela itu, kalau penerangan itu perhubungan," ujarnya.

Kendati demikian, Kemeterian PUPR memastikan jalur tersebut sudah dapat dilintasi baik siang maupun malam hari.

"Iya sudah bisa dilalui siang malam," tegasnya.

Adapun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali, Ditjen Bina Marga kembali melanjutkan penanganan Jalan Pansela sepanjang 40,278 Km, meliputi ruas Jalan Prigi-Batas Kabupaten Tulungagung-Klatak-Brumbun di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung sepanjang 18,30 Km.

Kemudian, ruas Jalan Pantai Sine-Batas Kabupaten Blitar di Kabupaten Tulungagung sepanjang 14,09 Km, ruas Jalan Ringinrejo-Batas Kabupaten Malang di Kabupaten Blitar sepanjang 3,95 Km, dan ruas Jalan Batas Blitar- Simpang 5 Purwodadi di Kabupeten Malang sepanjang 3,938 Km.

Ruas jalan Pansela sendiri terbentang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa, di antaranya Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 Km.

Lalu, di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 Km.

Berikutnya, Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 Km.

Selanjutnya, di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko- Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 Km.

Terakhir, ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 Km.

Penanganan Lintas Pansela Jawa dilaksanakan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan, serta pelebaran jalan, menuju standar yang berkelanjutan untuk mempertahankan jalan dalam kondisi mantap.