Penuhi Kebutuhan Nasabah Jelang Idulfitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp49,6 Triliun
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk. disebutkan sudah menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp49,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat saat Ramadan serta Idulfitri.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan jumlah tersebut naik sebesar 7,9 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin saat Ramadan dan Idulfitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat, 31 Maret.

Menurut Rudi, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp16,5 triliun per hari selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh,” tuturnya.

Rudi menambahkan, perseroan juga mengoptimalkan sejumlah kanal pembayaran daring untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk ATM yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.

Rudi menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

"Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadan untuk memanjakan nasabah," tutup Rudi.