Tak Ada PPKM, AP II Prediksi Layani Penumpang 5,24 Juta di Musim Mudik Lebaran 2023
Direktur Utama PT Angkasa Pura II atau AP II Muhammad Awaluddin. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi jumlah penumpang mudik Lebaran 2023 akan menembus 5,24 juta orang.

Mengingat pemerintah sudah tidak melakukan pembatasan mobilitas pada momen Idulfitri tahun ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II atau AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, akan memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama periode musim mudik Lebaran 2023.

Apalagi, sambung Awaluddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengatakan akan ada ledakan penumpang dibanding tahun lalu.

Mengingat pemerintah sudah mencabut pembelakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Jasi kesiapan kita sudah harus sangat berbeda dibanding kita mengantisiapasi angkutan lebaran tahun lalu. Untuk proyeksi traffic kita memperkirakan tidak kurang akan terealisasi 5,24 juta,” katanya kepada wartawan, ditulis Rabu, 22 Maret.

Awaluddin mengatakan, untuk pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 36.585 penerbangan atau naik 11 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Dia mengatakan, jika melihat proyeksi jumlah penumpang dan pergerakan pesawat tersebut maka dipastikan tingkat utilitas tahun ini akan sangat tinggi.

Terlebih, sambung Awaluddin, jumlah pesawat yang beroperasi pada saat mudik Lebaran 2023 sekitar 412 pesawat atau lebih sedikit dibanding sebelum pandemi COVID-19 yang mencapai 650 pesawat.

“Berarti kita bisa memastikan seat load factor (faktor muat penumpang) akan sangat tinggi,” jelasnya.