Bapanas Pastikan Stok Daging Sapi Aman untuk Ramadan dan Lebaran 2023
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi. (Mery Handayano/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan stok daging sapi aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan 2023. Seperti diketahui, menjelang dan selama bulan Ramadan permintaan akan daging sapi akan meningkat.

“Daging sapi kondisinya aman. Kalau daging sapi dari sapi hidup itu juga kita sedang mobilisasi stok. Kalau stok di cold storagenya private milik BUMN juga posisinya oke. Jadi sampai dengan lebaran itu kita sudah men-secure,” ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi kepada wartawan, ditulis Selasa, 21 Maret.

Selain daging sapi, kata Arief, pemerintah juga akan memenuhi kebutuhan dalam negeri dari impor daging kerbau beku. Sebanyak 18.000 ton bakal masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

“Kalau daging kerbau akan datang dalam sebulan ini sekitar 18.000 ton,” ujarnya.

Daging kerbau yang datang tersebut merupakan bagian dari tugas yang diberikan kepada Bulog untuk melakukan importasi daging kerbau beku sebanyak 100.000 ton.

Lebih lanjut, Arief mengatakan importasi daging kerbau beku tersebut akan menambah pasokan di dalam negeri. Mengingat kebutuhan akan daging di Indonesia mencapaI 60.000 ton per bulan.

“Ya kan, barang keluar masuk. Sebulan itu kita kurang lebih perlu sekitar 60.000 ton, jadi in-out-nya itu harus diatur. Nah kalau 60.000 ton itu, yang sudah mendapat kuota impor BUMN itu Bulog mendapatkan 100.000 ton daging kerbau, ID Food mendapatkan 100.000 ton daging sapi. Silahkan nanti diatur kedatangannya,” katanya.