Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar? Kenali 4 Metode Umumnya
Ilustrasi riset pasar (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara melakukan riset pasar adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai terutama bagi para pelaku bisnis. Langkah ini dilakukan untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan pasar mulai dari kebutuhan, pengalaman pasar terhadap suatu produk, dan sebagainya. Setelah data pasar didapatkan, perusahaan diharapkan mampu melakukan evaluasi yang kemudian dikonversikan pada produk yang diproduksi.

Secara umum, riset pasar adalah teknik yang dipakai untuk mengumpulkan informasi hingga memahami target pasar suatu perusahaan atau bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus tahu bagaimana cara melakukan riset market.

Cara Melakukan Riset Pasar

Harus diketahui bahwa riset pasar dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Saat ini ada empat metode umum yang dilakukan tim penjualan untuk memahami pasar yang dibidik yakni sebagai berikut.

  1. Survei

Survei adalah riset yang dilakukan dengan penelitian kualitatif. Riset pasar dengan cara survei dilakukan dengan menyodorkan sejumlah pertanyaan baik terbuka maupun tertutup terhadap responden atau masyarakat yang jadi target pasar. Pertanyaan sendiri bisa diajukan dalam bentuk kuesioner baik secara langsung atau lewat media digital.

Metode ini banyak dipakai karena mudah dan praktis. Selain itu hasil data yang dibutuhkan lebih terfokus sehingga tak sulit untuk mengolah hasil data pasar. Selain itu survei juga mudah, murah, dan cepat.

  1. Wawancara

Metode riset pasar selanjutnya adalah wawancara. Cara yang dilakukan dalam metode riset ini adalah dengan melakukan percakapan empat mata dengan masyarakat yang jadi sasaran pasar perusahaan.

Wawancara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih detil. Periset bahkan tak hanya mendapatkan data yang didapat dari hasil wawancara verbal, namun bisa didapat dari bahasa tubuh, kepribadian yang dibaca lewat pakaian yang dikenakan, dan sebagainya.

Riset pasar dengan wawancara dinilai cukup efektif untuk menggaet pasar karena lebih personal sehingga empati masyarakat bisa diraih secara efektif.

  1. Fokus Grup

Riset pasar dengan metode ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa orang yang dipilih berdasarkan kriteria target perusahaan. Setelah semua berkumpul di satu waktu dan tempat, moderator akan membicarakan produk, pengalaman pengguna, atau hal lain yang akan menambah wawasan perusahaan makin lengkap.

Anda bisa melakukan metode ini namun biaya yang dibutuhkan cukup besar. Selain itu, jika tak dilakukan dengan hati-hati, salah satu peserta grup yang dominan bisa bergerak melawan perusahaan yang menggelar grup fokus.

  1. Observasi

Observasi adalah pengamatan. Perusahaan bisa melakukan pengamatan terhadap data yang dikumpulkan dari target pasar. Perusahaan akan membuat catatan dari hasil pengamatan terhadap pengguna produk tertentu, baik produk sendiri maupun produk pesaing.

Metode ini memiliki beberapa keuntungan seperti lebih murah. Selain itu data yang didapatkan dinilai organik karena pengguna akan menunjukkan respon paling alami mereka ketika bersinggungan dengan produk tertentu.

Bagi Anda yang ingin melakukan riset pasar, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yakni sebagai berikut.

  1. Pastikan perusahaan memiliki target pasar
  2. Produk harus memiliki daya saing dan daya tawar
  3. Perusahaan juga harus memiliki kanal atau media interaksi dengan pasar seperti media sosial atau website
  4. Kumpulkan data demografis pasar di suatu wilayah. Perusahaan harus tahu pekerjaan apa yang mendominasi di suatu wilayah, usia, dan sebagainya
  5. Tim periset pasar

Selain terkait cara melakukan riset pasar, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.