Pemprov Banten Siap Berikan Layanan Angkutan Terbaik bagi Pemudik Lebaran 2023
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Banten siap memberikan pelayanan Angkutan Lebaran 2023 yang terbaik bagi pemudik dengan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada.

"Kami berupaya memberikan pelayanan angkutan lebaran terbaik kepada masyarakat," kata Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat rapat koordinasi bersama Menhub Budi Karya Sumadi, BPJT, PUPR, Korlantas Kepolisian, Pelni dan ASDP di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, dikutip dari Antara, Sabtu 11 Maret.

Pemerintah daerah akan melaksanakan persiapan angkutan lebaran sesuai kewenangan di Provinsi Banten.

Di Provinsi Banten terdapat Pelabuhan Merak yang masuk kategori terbesar jumlah pemudiknya yang melayani penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya.

Karena itu, Pemprov Banten berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas Kepolisian, Kemenhub, BJTL, PUPR dan ASDP Merak.

Dengan koordinasi itu, kata dia, dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik agar angkutan lebaran berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

Selain itu juga penyeberangan tidak menimbulkan antrean dan kemacetan arus lalu lintas.

Pemprov Banten juga akan memaksimalkan sarana prasarana yang ada, seperti arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, BPJT, Korlantas dan PUPR.

Selanjutnya, pihaknya akan membuka kawasan baru untuk menampung pemudik lebaran jika terjadi lonjakan kendaraan yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni.

Kawasan baru itu yakni Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat yang dikelola Pelindo dapat melayani penyeberangan.

"Kami optimistis angkutan lebaran berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan maupun pejalan kaki," katanya.

Sementara itu, Yongki, seorang utusan dari PUPR Pusat mengatakan pihaknya akan memperbesar jalan nasional di Merak sehingga mudik lebaran dapat lancar.

Selain itu juga ruas jalan tol dijadikan tempat istirahat untuk menampung kendaraan yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami menjamin perjalanan pemudik lebaran lancar, aman dan berkesan," katanya.