Sri Mulyani Rogoh APBN Rp348 Miliar, Mimpi RI Punya World Class Hospital Terwujud
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut bahwa pemerintah memberikan dukungan APBN sebesar Rp348,7 miliar kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna mewujudkan pelayanan kesehatan bertaraf internasional kepada masyarakat.

“RSCM adalah rujukan pusat. Dia adalah the ultimate rumah sakit yang sangat menentukan sekaligus menunjukkan seberapa mampu Indonesia memiliki sebuah fasilitas kesehatan yang bisa diandalkan,” ujar dia dalam seremoni yang dihadiri Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan Duta Besar Uni Emirat Arab, pada Jumat, 3 Maret.

Menurut Menkeu, bidang kesehatan dalam APBN mendapat alokasi yang cukup signifikan. Pada 2020 hingga 2022, pemerintah melakukan perbaikan layanan di berbagai rumah sakit milik pemerintah, baik itu yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, TNI, maupun Polri.

“Pemerintah juga fokus untuk mengurangi stunting karena itu menentukan kualitas dari sumber daya manusia Indonesia di usia muda yang harus diselamatkan" tuturnya.

Menkeu menambahkan, pihaknya selaku pengelola kebendaharaan negara akan terus mendukung pendanaan dengan proper dan memadai.

"Kita sebagai negara tidak akan bisa maju tanpa sumber daya manusia yang sehat dan cerdas,” tegasnya.

Diapun mengungkapkan harapannya terhadap pengoperasian Gedung RSCM Kanigara yang baru sebagai bagian pembangunan dan pembangunan berkelanjutan.

"Sehingga dia menjadi sebuah referral hospital dan world class hospital yang bisa dibanggakan oleh bangsa Indonesia,” tutup Menkeu Sri Mulyani.