Fakta Gaya Hedon Pejabat Bea Cukai Yogyakarta, Kemenkeu <i>Sat Set</i> Lakukan Pemeriksaan
Tangkap layar akun Instagram yang diduga milik Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto (Foto: Twitter @pai*******o)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Eko Darmanto, Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, turut diperiksa oleh Kementerian Keuangan lantaran kerap memamerkan gaya hidup mewah. Eko Darmanto menambah daftar panjang pejabat pemerintahan yang bergaya hedon. Ada sejumlah fakta gaya hedon pejabat Bea Cukai Yogyakarta. 

Eko Darmanto sering unjuk kemewahan melalui akun media sosial Instagram miliknya @eko_darmanto_bc. Aksi hedon Eko terciduk oleh netizen hingga kemudian ramai menjadi perbincangan. Lewat akun IG yang sudah dihapus tersebut, Eko kerap memposting konten dirinya mengendarai moge hingga naik pesawat pribadi. 

Sri Mulyani melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan memberikan tanggapan cepat dengan langsung melakukan penyelidikan terhadap Eko Darmanto. Perkembangan pemeriksaan akan disampaikan oleh Awan Nurmawan Inspektur Jenderal Kemenkeu.

Fakta Gaya Hedon Pejabat Bea Cukai Yogyakarta

Berikut sejumlah fakta terkait gaya hedon Eko Darmanto Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta yang menjadi viral.

Terungkapnya Gaya Hedon Eko Darmanto Bermula dari Twitter

Awal mula Eko Darmanto viral dan menjadi sorotan publik bermula dari media sosial Twitter. Nama pejabat Bea Cukai Yogyakarta tersebut mencuat setelah salah satu akun Twitter mengunggah tangkapan layar akun Instagram @eko_darmanto_bc.

Pengguna Twitter tersebut menyinggung gaya hidup Eko Darmanto yang kerap pamer kemewahan. Namun akun Instagram Eko Darmanto sudah hilang entah kemana. Berikut tulisan dalam unggaha pengguna Twitter tersebut.

"Pasca viral kasus RAT, banyak pegawai Kemenkeu yg suka gaya2an mulai bersih2 status sosmednya.

Dari seragamnya, sepetinya itu pegawai bea cukai nih.

Sepertinya IBI Kemenkeu bakal sibuk banget bbrp minggu ke depan nih, mas @prastow."

Pamer Moge hingga Pesawat Pribadi

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di Twitter, akun IG Eko Darmanto berisi konten dirinya berfoto dengan berbagai barang mewah. Terdapat foto Eko memamerkan moge miliknya, mobil antik, hingga pesawat cessna. 

Memiliki Kekayaan Rp6,7 Miliar

Harta dan kekayaan Eko Darmanto berjumlah mencapai belasan miliar. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) periode 2021. Informasi kekayaan Eko tersebut dilaporkan ke KPK pada 15 Februari 2022.

Eko memiliki kekayaan Rp15,7 miliar. Disamping itu, ia memiliki utang Rp9 miliar. Kekayaan bersih Eko sendiri mencapai Rp6,72 miliar. Eko mengaku punya tanah dan bangunan seluas 240 m2/410 m2 di Malang yang berasal dari hibah tanpa akta. Selain itu, ia juga memiliki tanah bangunan seluas 327 m2/342 m2 di Jakarta Utara yang didapatkan dari hasil sendiri. Jumlah kekayaan dari sumber ini mencapai Rp 12,5 miliar.

Bea Cukai Memberi Tanggapan

Awak media belum bisa meminta konfirmasi dari Eko Darmanto. Saat berusaha ditemui di kantor Bea Cukai Jogja, Eko Darmanto tidak berada di kantor dan sedang pergi ke Jakarta. 

Sementara itu, Cahya Nugraha Kepala Seksi BK-Humas Kanwil Bea Cukai Jateng DIY tidak mau bicara banyak terkait foto dan cuitan tentang gaya hedon Eko Darmanto yang viral. 

Kemenkeu Melakukan Pemeriksaan

Tak lama setelah Eko Darmanto viral dengan gaya hedonnya, Kemenkeu langsung melakukan pemeriksaan. Kementerian Keuangan melakukan konferensi pers terkait perkembangan penyelidikan terhadap Eko Darmanto pada hari ini Rabu 1 Maret. 

Perkembangan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto akan disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu di Aula Negara Dana Rakca, Gedung Radius Prawiro, Jakarta Pusat. Kemenkeu pun mengundang para awak media untuk meliput konferensi pers tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai fakta gaya hedon pejabat Bea Cukai Yogyakarta. Eko Darmanto sudah menjabat sebagai Kepala Bea Cukai Yogyakarta selama hampir 2 tahun. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait