Bagikan:

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menginformasikan bahwa tiket mudik 2023 sudah bisa dipesan hari ini untuk keberangkatan mulia H-10 Lebaran.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan aturan baru, yakni pemesanan 45 hari sebelum Idulfitri.

Adapun aturan terdahulu menetapkan kebijakan 30 hari sebelum Idulfitri.

“Melalui kebijakan baru ini kami harapkan masyarakat bisa lebih leluasa merencanakan perjalanan pada moment arus mudik lebaran,” ujarnya dalam pernyataan pers pada Minggu, 26 Januari.

Eva menjelaskan, KAI menyarankan masyarakat untuk melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access.

Pasalnya, pembelian secara online dapat lebih mudah tanpa harus hadir fisik ke stasiun.

“Kami mengingatkan kepada calon pelanggan agar selalu teliti dalam memilih tanggal dan rute serta melakukan pemeriksaan kembali pada proses pengisian data diri saat melakukan pemesanan tiket,” tuturnya.

Eva menambahkan, KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

“Inspeksi keselamatan dan penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) juga sudah telah dilakukan. Selain itu para petugas KAI juga terus dipersiapkan agar dapat memberikan layanan KA yang selamat, aman, nyaman dan sehat,” tegas dia.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini terdapat sekitar 30.000 pengguna jasa KA jarak jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan total rata-rata perjalanan 60 KA perhari yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan dengan adanya program pemberangkatan KA tambahan yang biasanya dijalankan pada masa angkutan lebaran.

“Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Lebaran. Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui Aplikasi KAI Access,” tutup Eva.