Bagikan:

YOGYAKARTA - Penetapan harga suatu produk adalah salah satu keputusan landasan yang akan Anda buat sebagai pemilik bisnis. Model penetapan harga yang Anda pilih memengaruhi hampir semua bagian bisnis Anda. Lalu bagaimana cara menentukan harga produk?

Ini juga mempengaruhi pelanggan Anda. Sensitivitas harga adalah salah satu faktor kunci seputar pilihan harga perusahaan. Pelanggan mendapat informasi yang baik tentang pembelian mereka sekarang, dan mereka peka terhadap harga karena mereka menginginkan keuntungan maksimal untuk uang dan waktu mereka.

Itulah mengapa terlalu mudah terjebak pada strategi penetapan harga saat Anda meluncurkan bisnis atau produk baru, tetapi penting untuk tidak membiarkan keputusan tersebut menghentikan peluncuran Anda. Harga terbaik yang bisa didapat pengusaha data adalah dari peluncuran dan pengujian dengan pelanggan nyata. Riset pasar tentu saja memainkan peran, tetapi pada akhirnya, penetapan harga Anda harus didasarkan pada apa yang sebenarnya bersedia dibayar oleh pelanggan Anda.

Berdoa sebelum memulai bisnis ( Headway - Unsplash)
Berdoa sebelum memulai bisnis ( Headway - Unsplash)

Cara Menentukan Harga Produk

Jumlahkan biaya variabel per produk

Biaya variabel terkait langsung dengan produk. Sangat mudah untuk menentukan biaya dasar produk jika Anda membeli inventaris, tetapi jika Anda membuatnya sendiri, biaya produk Anda adalah harga bahan curah dibagi dengan jumlah barang yang diproduksi.

Selanjutnya, lihat upah per jam atau harian, dan bagi dengan jumlah barang yang diproduksi pada waktu itu. Terakhir, pertimbangkan pengemasan dan bonus. Gunakan harga satuan untuk menghitung biaya pengiriman persediaan dan "barang gratis" bermerek (seperti stiker atau kupon cetak), dan tambahkan biaya yang ditentukan oleh layanan pengiriman Anda.

Tambahkan margin keuntungan Anda

Margin keuntungan adalah persentase penjualan yang merupakan keuntungan. Misalnya, jika suatu produk dengan biaya variabel total $10USD dijual seharga $12,50 USD, margin keuntungannya adalah 20% (laba $2,50USD adalah 20% dari penjualan).

Jika sasaran Anda adalah margin keuntungan 20%, Anda dapat bekerja mundur untuk menentukan harga menggunakan rumus ini:

Harga = (total biaya variabel) / (1 - 0,20)

Jika harga yang dihitung jauh lebih tinggi daripada harga rata-rata pesaing Anda, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kembali biaya produksi Anda. Jika harga Anda rendah, Anda mungkin dapat merencanakan margin keuntungan yang lebih tinggi.

Faktor dalam biaya tetap

Biaya tetap terkait dengan fungsi bisnis Anda dan mencakup item seperti asuransi, sewa, lisensi dan izin perangkat lunak, serta biaya penggajian. Mencari tahu total biaya tetap Anda dalam jangka waktu tertentu akan memberi tahu Anda berapa banyak penjualan yang perlu Anda lakukan untuk mencapai titik impas.

Uji dan sesuaikan

Anda perlu memberi waktu pada produk Anda untuk memahami bagaimana pelanggan merespons penetapan harganya. Biasanya, melakukan tinjauan triwulanan dapat membantu Anda mengukur minat dan kepuasan pelanggan.

Jika Anda menemukan penjualan lebih rendah dari yang dibutuhkan setelah satu kuartal dengan produk atau layanan Anda ditetapkan pada harga tertentu, gunakan pengetahuan industri Anda untuk menentukan apakah itu berarti menaikkan, menurunkan, atau memotong biaya Anda sendiri.

Praktik terbaik untuk menentukan harga produk Anda

Sebelum Anda menetapkan harga akhir untuk suatu produk, ada baiknya melakukan riset dan mengikuti beberapa praktik terbaik yang strategis.

Pahami strategi penetapan harga umum di industri Anda

Penetapan harga produk Anda memerlukan latar belakang pengetahuan tentang industri Anda. Bandingkan produk Anda dengan yang serupa di pasar untuk menentukan kisaran harga rata-rata. Jika produk Anda berkualitas lebih tinggi, pelanggan mungkin bersedia membayar sedikit lebih mahal. Jika produk Anda tidak memiliki semua lonceng dan peluit, Anda mungkin dapat bersaing dalam harga dengan pesaing yang lebih besar.

Melakukan riset pasar

Basis pelanggan Anda adalah panduan terbaik Anda untuk apa yang berhasil dan apa yang perlu diubah. Riset pasar, apakah dilakukan secara internal atau outsourcing ke perusahaan riset pasar, akan memberi Anda wawasan penting tentang apa yang diinginkan pelanggan Anda dan apa yang ditawarkan (atau kurang) pesaing Anda. Informasi ini juga akan berfungsi sebagai dasar untuk strategi penetapan harga Anda.

Jadi setelah mengetahui cara menentukan harga produk, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!