Apa Itu Asuransi Pengiriman, Berikut Penjelasannya
Apa Itu Asuransi Pengiriman(Gambar Dan Burton - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apabila Anda mengirimkan sesuatu yang berharga, kemungkinan besar Anda menginginkannya tiba dengan aman dan tepat waktu. Terutama sebagai pedagang atau bisnis e-niaga, memastikan bahwa produk berhasil dikirim dapat menjadi pembeda antara tahun finansial yang baik dan tahun yang hebat.   Yuk belajar apa itu asuransi pengiriman!

Peningkatan belanja online dan konsumerisme hanya memperkirakan hal ini menjadi lebih penting seiring berjalannya waktu, dengan pertumbuhan yang biasanya dialami dalam satu dekade terjadi hanya dalam waktu tiga bulan pada tahun 2020. Sebagai pemilik bisnis, protokol pengiriman dan praktik terbaik bisa menjadi sangat rumit, terutama setelah Anda mulai mengirimkan produk seperti alkohol yang cenderung menampilkan lebih banyak batasan pengiriman.

Dengan banyaknya elemen yang bisa salah selama pengiriman, mengambil langkah untuk mengasuransikan barang ini adalah ide yang menguntungkan. Asuransi pengiriman mungkin tampak rumit atau berlebihan bagi sebagian orang, tetapi begitu dipahami, hal itu dapat membuat atau benar-benar menghancurkan upaya bisnis untuk memuaskan pelanggan mereka. Bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang asuransi pengiriman, Anda akan senang mengetahui bahwa kami akan membahasnya di sini.

Apa Itu Asuransi Pengiriman

Asuransi Pengiriman (Gambar RoseBox رز باکس - Unsplash)
Asuransi Pengiriman (Gambar RoseBox رز باکس - Unsplash)

Dalam istilah yang paling sederhana, asuransi pengiriman adalah tindakan perlindungan untuk mengamankan produk untuk pengiriman. Asuransi pengiriman dapat melindungi barang dari berbagai keadaan yang tidak menguntungkan, biasanya termasuk pencurian, kerusakan, penanganan yang tidak tepat, dan lainnya. Asuransi pengiriman menanggung tanggung jawab keuangan untuk barang-barang ini sampai barang tersebut tiba di lokasi pengiriman yang ditentukan.

Terutama sebagai eksportir, ada banyak langkah dan tahapan proses pengiriman yang dapat menimbulkan komplikasi dalam pengiriman, dan memiliki jaring pengaman untuk keadaan ini sangat berharga. Alih-alih menanggung biaya pengiriman untuk barang yang tidak dikirimkan dengan benar dan kehilangan potensi pendapatan, eksportir dapat mempercayai bahwa pengirim menanggung tanggung jawab finansial.

Apa yang Dicakup Asuransi Pengiriman?

Dengan peningkatan penjualan online, muncul peningkatan opsi asuransi pengiriman untuk bisnis e-niaga dan pedagang online untuk digunakan demi keuntungan mereka. Situasi yang dicakup oleh asuransi pengiriman akan sangat bervariasi berdasarkan polis asuransi pengiriman yang dipilih dan perusahaan pengiriman yang menyediakan layanan tersebut. 

Biasanya, asuransi pengiriman mencakup insiden di mana penjual tidak memiliki kendali, seperti keterlambatan pengiriman, kerusakan barang, atau malpraktik pengiriman yang terjadi sebelum pengiriman. Setiap penyedia memiliki persyaratan unik, batasan, dan detail pertanggungan unik yang perlu dipertimbangkan penjual sebelum memilih penyedia asuransi pilihan mereka.

Berapa Biaya Asuransi Pengiriman

Biaya asuransi pengiriman akan sangat bervariasi tergantung pada jenis paket yang dikirim, seberapa sering pengiriman dilakukan, dan nilai pengiriman. Setiap operator akan menampilkan tarif asuransi yang kompetitif, dengan DHL menjadi outlier unik semata-mata karena sifat pengiriman internasional dan faktor unik yang masuk ke bea cukai.

Asuransi Pengiriman Pihak Ketiga

Meskipun kami telah menyentuh pada operator utama yang menyediakan asuransi pengiriman, jangan lupa tentang beberapa opsi asuransi pengiriman pihak ketiga yang luar biasa yang tersedia untuk dijelajahi pedagang. Setiap bisnis berbeda, dengan kebutuhan pengiriman unik yang mungkin lebih baik ditangani dengan penyedia pihak ketiga. Ada banyak keuntungan memilih asuransi pengiriman pihak ketiga, seperti kemampuan untuk mengasuransikan barang-barang di antara semua operator utama dan mengajukan persetujuan dari operator yang tidak dikenal. Sifat bagian ketiga dari opsi ini memungkinkan penjual kemampuan untuk memiliki satu titik kontak untuk masalah apa pun yang muncul dan menampilkan perangkat lunak pelacakan hebat yang memberi pedagang ketenangan pikiran tambahan.

Fitur-fitur ini dapat menghemat banyak keuntungan bagi penjual online dalam jangka panjang, jadi memahami semua opsi sebelum menghentikan penyedia asuransi sangatlah penting. Beberapa perusahaan asuransi pengiriman pihak ketiga yang paling populer meliputi:

Rute: Bagian terburuk dari komplikasi pengiriman adalah tidak mengetahui di mana letak parsel dalam proses pengiriman. Di sinilah Route masuk dan memungkinkan layanan pengiriman Anda berkembang. Polis dan kontrak asuransi Route menampilkan pengalaman pelacakan modern yang memberikan ketenangan pikiran bagi penjual dan konsumen. Pelanggan dan penjual dapat dengan mudah melaporkan masalah melalui aplikasi Route, mengurangi penundaan pengiriman dan menghemat ribuan potensi keuntungan.

Shipsurance: Menampilkan tingkat asuransi yang kompetitif seringkali 90% lebih rendah dari operator kompetitif, Shipsurance berusaha untuk menjadi mitra bisnis daripada hanya sebagai penyedia asuransi. Shipsurance adalah agen asuransi, bukan layanan pengiriman, yang memungkinkan mereka menghemat uang dan memberikan tarif asuransi yang lebih rendah. Mereka membuang nilai yang dinyatakan di depan pintu dan mengasuransikan paket dengan mempekerjakan tim kolektif pengirim berpengalaman dengan tujuan agar barang dikirim dengan benar dengan cara yang hemat biaya.

eCabrella: Perusahaan perangkat lunak pengiriman ini menawarkan kepada pelanggan opsi alternatif untuk kurir besar dengan memberikan tarif kompetitif dan paket asuransi paket khusus yang melengkapi proses pengiriman khusus bisnis Anda. Pengiriman internasional dan domestik sama-sama dilindungi dan pembatasan pengiriman minimal.

Paket Asuransi Paket: PIP mengasuransikan paket yang hilang dan rusak di dalam negeri, dengan opsi internasional juga tersedia. Mereka menyediakan liputan untuk banyak artikel yang tidak dimiliki oleh operator lain, seperti elektronik, ponsel, perhiasan, dan lainnya. PIP sangat cocok untuk mereka yang tahu bahwa mereka mengirim barang yang sedikit rumit dengan operator besar.

Jadi setelah mengetahui apa itu asuransi pengiriman, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!