Bagikan:

GORONTALO - Para pelaku pariwisata di Gorontalo diharapkan memberdayakan warga sekitar objek wisata. Selain itu, mereka juga diminta untuk menumbuhkan ekonomi kreatif lokal.

Kedua hal tersebut menjadi kunci tumbuhnya industri pariwisata daerah. Ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat peresmian Shava Beach Resort.

"Tolong ajak mereka pelaku UMKM," kata Hamka Hendra, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 21 Januari.

Pj Gubernur meminta pelaku pariwisata bisa membina warga dan pelaku UMKM. Selain itu, potensi kerajinan lokal baik kuliner, fesyen, kriya, musik, seni pertunjukan dan fotografi juga harus diserap.

Potensi tersebut menurutnya, harus dapat dimanfaatkan dengan optimal bagi kesejahteraan masyarakat Provinsi Gorontalo.

Hamka juga mengajak masyarakat dan seluruh pemilik resort untuk terus mencintai lingkungan sekitar utamanya bagi desa yang memiliki potensi wisata.

"Jaga kebersihan, lestarikan ekosistem supaya bisa mendongkrak pertumbuhan pariwisata di daerah," ujar Hamka.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mendukung dibuka dan diresmikannya Shava Beach Resort tersebut. Menurutnya, resort baru di Kabupaten Bone Bolango itu akan menjadi salah satu ikon di Provinsi Gorontalo.

"Saya juga berterima kasih karena sudah mempekerjakan warga sekitar yang dapat meningkatkan pendapat masyarakat," ucap Hamim Pou.