Kendaraan Listrik Masuk Program Prioritas Kementerian Perhubungan di Tahun Ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Percepatan penggunaan kendaraan listrik masuk ke dalam 10 program prioritas Kementerian Perhubungan di tahun ini.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga gencar mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemanfaatan energi baru terbarukan, percepatan pemanfaatan kendaraan listrik dan kendaraan ramah lingkungan menjadi program prioritas Kementerian Perhubungan di tahun ini.

“Kendaraan listrik menjadi konsen bagi kita dan ini insya Allah bisa kita laksanakan dan bapak presiden selalu memberikan dukungan dan catatan bagi kita untuk melakukan,” katanya dalam rapat dengan Komisi V DPR, Rabu, 18 Januari.

Selain fokus pada kendaraan listrik, Budi mengatakan pengembangan konektivitas yang produktif dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah juga masuk ke dalam program prioritas Kementerian Perhubungan.

Ketiga, lanjut Budi, mendukung dan meningkatkan keselamatan transportasi serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan publik.

“Keempat, mendukung program peningkatan sdm sektor transportasi melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi dan peningkatan kompetensi aparatur,” jelasnya.

Sementara kelima, kata Budi, mendukung pemerataan pembangunan nasional, membantu masyarakat ekonomi lemah dan menyentuh daerah terpencil, tertular dan terdepan.

“Lalu yang keenam, melaksanakan program program kegiatan dan mendukung PEN,” tuturnya.

Ketujuh, memastikan keberlanjutan program MYC dan pemenuhan PN dan PSN. Kedelapan, pemenuhan kebutuhan pokok seperti belanja gaji dan Ops secara profesional.

Terakhir, melakukan perencanaan dan pengembangan IKN dan transportasi massal Perkotaan di Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan Bali.

“Terakhir, mendukung inovasi, digitalisasi layanan perizinan serta mengoptimalkan skema kreatif financing,” ucapnya.