Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebutkan mendapat penghargaan dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) terkait dengan Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024. Penerimaan penghargaan tersebut diwakili oleh Kepala Lembaga National Single Window (LNSW) M. Agus Rofiudi.

Sekretaris LNSW Muhamad Lukman mengatakan Apresiasi Stranas PK tersebut diberikan atas komitmen dan kontribusi Kemenkeu dalam pelaksanaan aksi integrasi data ekspor dan impor.

“Secara khusus, ini ditetapkan pada komoditas pangan dan aksi optimalisasi penerimaan negara bukan pajak tahun 2021-2022,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Desember.

Menurut Lukman, sebelumnya pada aksi pencegahan korupsi 2021-2022, Kementerian Keuangan di antaranya berperan dalam fokus terkait perizinan dan tata niaga. Hal ini khususnya dalam aksi integrasi data ekspor impor pada komoditas pangan dan kesehatan.

“Upaya ini dilakukan melalui implementasi Sistem Nasional Neraca Komoditas (SINAS NK),” tuturnya.

Lukman menambahkan, Kementerian Keuangan juga berperan dalam Fokus terkait keuangan negara, khususnya pada aksi peningkatan penerimaan negara melalui pembenahan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan pendapatan lainnya.

Hal itu, sambung Lukman, diantaranya dilakukan melalui implementasi Sistem Informasi Mineral dan Batubara Antar Kementerian dan Lembaga (SIMBARA). Dalam kesempatan yang sama, Stranas PK juga meluncurkan 15 aksi pencegahan korupsi tahun 2023-2024.

“Lembaga National Single Window sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, berkomitmen akan terus mendukung aksi pencegahan korupsi di Tanah Air,” tutup Lukman.