Angkasa Pura I: 186.000 Penumpang Bakal Lakukan Perjalanan Melalui Bandara YIA saat Libur Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta memproyeksikan sebanyak 186.000 penumpang melakukan perjalanan melalui bandara di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, itu selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, DIY, Senin 19 Desember mengatakan proyeksi penumpang itu mengalami lonjakan sebesar 71 persen dibandingkan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Jumlah pesawat mengalami kenaikan 88 persen. Hal ini bisa terlihat, saat ini, kami menerima sekitar 84 penerbangan per hari. Pada tahun lalu hanya 40-50 penerbangan per hari," katanya, dilansir dari Antara.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, lanjut Agus, AP I Bandara Internasional Yogyakarta membuka Posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Posko dibuka dari 19 Desember sampai 3 Januari 2023. Posko dilaksanakan oleh seluruh instansi yang terlibat dalam Bandara Internasional Yogyakarta, mulai dari TNI, Polri, Basarnas, dan komunitas bandara lainnya.

"Kami berkolaborasi dengan semua instansi menjamin rasa aman, nyaman, terkendali, dan penumpang bisa mengakses bandara dengan baik," katanya.

Ia mengimbau kepada penumpang untuk menjaga kesehatan dan waspada terhadap COVID-19. Untuk itu, semua pihak harus tetap menjaga protokol kesehatan di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Kami mengimbau semua pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan supaya tidak ada lagi penyebaran COVID-19," katanya.

Salah satu penumpang pesawat tujuan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Rara Sibutar mengatakan dirinya memilih penerbangan Senin pagi supaya tiba di tujuan pada sore hari.

Ia mengatakan dirinya di Yogyakarta untuk berlibur. "Jumlah penumpang tidak padat. Kemudian, saya bisa tiba di Kota Baubau pada sore hari," katanya.