Menhub Sebut Kereta ke Bandara YIA Bikin Efisien Perjalanan Penumpang
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penggunaan kereta api dari Stasiun Yogyakarta menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mengefisienkan waktu perjalanan penumpang.

Hal ini diutarakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengutip Antara.

“Untuk waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA mencapai sekitar 90 menit menggunakan kendaraan darat. Jika, menggunakan KA Bandara YIA, waktu tempuh hanya sekitar 40 menit,” kata Budi.

Menhub mengecek Stasiun Kereta Bandara YIA dan ikut melakukan perjalanan ke Stasiun Yogyakarta sembari menyapa penumpang.

“Ada ibu berumur 91 tahun dan mahasiswa yang ikut naik kereta bandara. Semua orang bisa mengakses dan memanfaatkan kereta bandara. Semoga semakin banyak bandara yang memiliki integrasi antarmoda,” ujar Budi.

Dalam satu hari, Budi mengungkapkan, Kereta Bandara YIA melakukan perjalanan sebanyak 21 kali pulang pergi (PP). Adapun stasiun yang dilewati antara lain Stasiun Wates dan Stasiun Yogyakarta.

Menhub menyebut YIA telah memiliki integrasi antar moda yang sangat baik, karena memiliki memiliki akses transportasi yang beragam seperti bus Damri dan kereta bandara.

Budi juga sempat meninjau terminal keberangkatan, ruang tunggu penumpang, serta area komersil. Menhub mengatakan YIA dapat merepresentasikan Yogyakarta dan Indonesia di mata dunia.

“Di sini ada instalasi seni, pertunjukan kesenian, musisi, seniman tari, hingga produk-produk lokal unggulan. Yogyakarta International Airport akan menjadi showcase Yogyakarta dan Indonesia di mata dunia,” ujar Menhub.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta bandara ketika ingin menuju Yogyakarta International Airport (YIA) ataupun sebaliknya.

“Saya mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta bandara YIA. Angkutan massal ini dibangun pemerintah untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan masyarakat dari dan menuju bandara,” imbuh Menhub.

Saat ini, lanjut Budi mengatakan, YIA melayani 14 rute domestik dan dua rute internasional. Namun, ia tidak menyebutkan secara rinci rute penerbangan tersebut.

Lebih lanjut Budi mengatakan pada angkutan Lebaran 2024, Bandara YIA terdapat 1.652 penerbangan. Angka tersebut naik dibanding 2023 yang tercatat 1.615.

“Adapun jumlah penumpangnya terhitung 240.648 orang. Angka tersebut naik bila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada 2023 sebesar 231.816,” tambah Budi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Indah Preastuty, General Manager PT. Angkasa Pura I YIA Ruly Artha, serta Kepala Daerah Operasi 6 KAI Yogyakarta Bambang Respationo.