Raih Tiga Penghargaan Tingkat ASEAN, PT PII Tegaskan Pengelolaan Risiko dalam Jalani Percepatan Pembangunan Infrastruktur
Foto: Dok. Kementerian Keuangan

Bagikan:

JAKARTA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam ajang ASEAN Risk Award 2022 dari Enterprise Risk Management Academy (ERMA) Singapura.

Disebutkan bahwa special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan itu sukses meraih kategori Juara 1 Risk Champion Category I, Runner up GRC Award Category I dan Risk Educator dalam seremoni yang diselenggarakan di Anvaya Hotel Bali tengah pekan ini.

Direktur Bisnis PT PII Andre Permana mengatakan, prestasi yang ditorehkan merupakan kado manis jelang HUT ke-13 perseroan.

“Ini adalah hasil yang didapat dari implementasi manajemen risiko sesuai best practice yang dilaksanakan oleh manajemen dan karyawan PT PII,” ujarnya dalam pernyataan pers pada Jumat, 9 Desember.

Menurut Andre, pihaknya mendapat mandat dari pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur melalui skema inovatif financing dengan mengedepankan pengelolaan risiko yang handal.

“Pencapaian ini tentunya akan mendukung penguatan aspek bisnis perseroan untuk mengarungi 2023. Kami yakin dengan semangat creative financing bisa memberikan manfaat besar untuk masyarakat,” tutur dia.

Andre menambahkan, PT PII juga akan melakukan enhancement dan diversifikasi bisnis dengan melakukan penjaminan di luar infrastruktur. Hal ini sekaligus menjadi tantangan baru bagi perseroan sebagai guarantee institution agar terus mendapat kepercayaan dari berbagai pemangku kepentingan.

“Oleh karenanya pencapaian yang didapat menjadi landasan untuk semakin berkomitmen dalam mengimplementasikan manajemen risiko menyeluruh serta mengintegrasikan tata kelola yang baik,” tegas Andre.

Sebagai informasi, ajang ASEAN Risk Awards 2022 merupakan penganugerahan yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan di Asia tenggara yang menerapkan manajemen risiko dengan berbagai ukuran bisnis, jenis industri, maupun negara asal, serta mempunyai semangat yang sama dalam meningkatkan model pengelolaan risiko yang terbaik.

Kegiatan ASEAN Risk Awards ini diklaim melibatkan para profesional dari berbagai negara yang memiliki latar belakang di bidang manajemen risiko, auditor, bisnis dan hubungan internasional sebagai juri award.