OJK Dorong UMKM Papua dan Papua Barat Dapatkan Akses Keuangan
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua akan terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Papua dan Papua Barat mendapatkan akses keuangan.

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua Darwisman di Jayapura, Papua, Kamis 117 November, mengatakan akses keuangan bagi UMKM sangat penting dalam upaya mendorong perekonomian di daerah.

"Kami selalu mengatakan bahwa UMKM adalah bumper perekonomian dan kami yakin seberat apapun inflasi yang saat terjadi di negara lain, tapi dengan UMKM, kami tetap eksis," katanya di sela kegiatan Business Matching UMKM dalam rangka peningkatan ekonomi di perbatasan timur Indonesia dan pameran UMKM, dikutip dari Antara, Jumat 18 November.

Menurut Darwisman, Business Matching UMKM merupakan program yang bersinergi antara perbankan, pemerintah daerah, dan UMKM guna membangun ekosistem bisnis yang sangat baik.

"Artinya, unggulan UMKM di daerah baik dari produk usahanya kemudian dipertemukan dengan perbankan untuk pembiayaan dan pendampingan hingga mencari akses pasar," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap ke depan pemerintah daerah bisa memetakan unggulan dari setiap kabupaten yang ada di Papua dan Papua Barat untuk dilakukan business matching.

"Sehingga, unggulan di daerah ada kontribusi misalnya seperti APBD yang digunakan untuk membangun infrastruktur kemudian dari pihak bank memberikan pembiayaan sekaligus mencari pembeli," katanya lagi.

Selanjutnya, dari asuransi juga akan memberikan penjaminan sehingga jika hal tersebut bisa berjalan lancar, maka ini akan lebih baik apalagi di Papua dan Papua Barat ada banyak sekali unggulan yang bisa di promosikan.

Dia menambahkan Papua sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alam ini bisa dilakukan pertemuan bisnis dengan perbankan untuk menggerakkan ekonomi di Bumi Cenderawasih sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

"OJK Regional 6 akan terus mendorong agar program ke depan yang inspiratif guna menggerakkan UMKM di Papua dan Papua Barat," ujarnya lagi.

Pameran UMKM berlangsung pada 17-18 November 2022 dengan sebanyak 50 stan disiapkan bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Jayapura.