Usaha Tanpa Modal 2022: Yakin Enggak Mau Coba?
Usaha Tanpa Modal (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anda tidak selalu membutuhkan banyak modal atau bahkan usaha tanpa modal untuk memulai dan menjalankan bisnis. Bahkan, terkadang Anda bisa memulai dengan sedikit atau tanpa dana. Ya! Menjadi pemilik bisnis Anda sendiri, dan memulai bisnis tanpa uang pada awalnya mungkin tampak seperti ide yang dibuat-buat, tetapi itu bukan tidak mungkin.

Benar bahwa untuk memulai dan menskalakan bisnis apa pun, Anda membutuhkan lebih dari sekadar arus kas ekstra. Anda mungkin membutuhkan mitra, investor, dan rencana yang solid tentang bagaimana Anda akan menggunakan dana bisnis baru Anda untuk tumbuh. Tapi, ketika Anda baru memulai, Anda memulai dari yang kecil. Lebih baik lagi: Anda bisa memulai dari yang kecil sesuka Anda.

Jika rencana Anda adalah membuka etalase tempat Anda menjual barang kerajinan tangan, Anda selalu dapat memulai dengan menjualnya ke teman dan keluarga. Anda dapat membangun reputasi dan mendapatkan umpan balik awal. Kemudian, Anda dapat menjualnya di situs web pihak ketiga secara online. Setelah itu, Anda dapat beralih ke hosting situs dan toko ecommerce Anda sendiri. Anda mengerti.

Jika Anda khawatir tentang bagaimana Anda dapat memulai bisnis dengan dana nol, berikut adalah beberapa ide di mana Anda dapat memulai kewirausahaan masa depan Anda.

Beberapa Inspirasi Usaha Tanpa Modal

Kamu pasti bisa (Unsplash)

Jual layanan Anda

Cara termudah untuk memulai bisnis tanpa uang adalah dengan menjual jasa Anda. Bahkan jika Anda belum menguasai bidang tertentu, menjadi lebih baik dari rata-rata orang dalam suatu hal berarti Anda dapat memulai bisnis yang membantu mereka. Jadi, mulailah dengan melihat hal-hal yang Anda tahu cara melakukannya lebih baik daripada kebanyakan orang. Kemas keahlian itu ke dalam layanan, seperti:

  • Penulisan lepas
  • Asisten virtual
  • Pemasaran media sosial
  • Jasa tukang

“Karena belum punya modal, mulailah dengan hal-hal yang kamu punya, seperti pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya yang kamu miliki. Ini adalah investasi terbaik yang akan Anda miliki saat Anda hanya memiliki nol rupiah.”

Jangan mengesampingkan bisnis jasa jika Anda tidak memiliki keterampilan yang sangat kuat. Waktu Anda berharga; orang sibuk sering membayar biaya per jam untuk orang lain melakukan tugas yang tidak mereka inginkan (atau tidak punya waktu) untuk dilakukan. Itu termasuk pekerjaan seperti:

  • Pembersihan
  • Rumah atau hewan peliharaan duduk
  • Anjing berjalan
  • Belanja pribadi
  • Cuci mobil

Banyak pengusaha menghapus ide bisnis kecil ini karena mereka takut akan mendapatkan upah minimum. Tetapi bisnis berbasis layanan bisa menguntungkan. Beberapa penulis lepas menghasilkan enam angka setiap tahun dalam waktu dua tahun menjalankan bisnis mereka. Satu pembersih jendela bahkan mencapai angka jutaan dalam waktu 12 bulan.

Dropshipping

Dropshipping adalah model bisnis populer bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis kecil tanpa uang. Cukup buat toko online dan pilih pemasok dropshipping seperti DSers atau AliExpress. Saat pesanan dibuat, platform e-niaga Anda akan meneruskan informasi pesanan ke pemasok Anda. Tugas mereka adalah memilih, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan Anda.

“Sebagai mahasiswa magister, saya tidak memiliki banyak penghasilan, jadi saya memutuskan untuk belajar cara dropship. Saya memutuskan untuk dropship di Wish, karena hal itu tidak dibicarakan sesering dropshipping di toko Anda sendiri atau ke Amazon.” —Zaid Shahatit, pendiri Fighthaus

Bagian terbaik tentang dropshipping adalah Anda dapat memulai dengan anggaran kecil. Alih-alih membeli inventaris sebelum dijual, dan menyimpan barang-barang itu di gudang yang mahal, vendor hanya akan menagih Anda untuk inventaris saat Anda menjualnya. Mulailah dengan Rp 100.000 per bulan dengan paket Pemula Shopify.

Menjual barang-barang buatan tangan

Lebih suka pendekatan yang lebih praktis untuk memulai bisnis kecil? Ubah hobi Anda menjadi usaha sampingan dengan menjual barang buatan tangan melalui toko online atau marketplace seperti Etsy. Ini dapat mencakup:

  • Karya seni
  • Kerajinan
  • Perhiasan
  • Perawatan kulit
  • Proyek pengerjaan kayu

“Kami mulai di garasi, membeli bubuk dari situs web dan mendapatkan stoples pencampur dari mana saja yang kami bisa. Sampel pertama kami dikirim langsung dengan bedak dalam kantong Ziploc dan corong.” —Carl Starkey, pendiri Saus AWSM.

Jadi setelah mengetahui usaha tanpa modal, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!