Dari <i>Reschedule</i> hingga <i>Refund</i>, Kemenhub Pastikan Ada Penanganan Kompensasi Pengguna Jasa Penerbangan Selama KTT G20
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyambut salah satu delegasi KTT G20 Bali. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA – Pengaturan penerbangan VVIP dan reguler (domestik dan internasional) di Bandara Ngurah Rai, Bali, hingga Senin, 14 November, berjalan lancar di tengah penyelenggaraan KTT G20.

“Pada Senin kemarin, merupakan puncak tertinggi kedatangan pesawat VVIP, baik kenegaraan maupun reguler internasional. Namun demikian, pengaturan penerbangan VVIP maupun reguler masih dapat berjalan dengan baik,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 November.

Adita menambahkan bahwa penerbangan reguler, baik domestik maupun internasional di Bandara Ngurah Rai relatif berjalan lancar sesuai slot penerbangan yang telah ditentukan.

“Tingkat ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) untuk penerbangan domestik mencapai 68,78 persen. Kami telah berkoordinasi secara intensif dengan pengelola bandara dan maskapai untuk mempersiapkan penanganan terhadap pengguna jasa penerbangan, seperti pemberian kompensasi keterlambatan atau delay, permintaan perubahan jadwal (reschedule), hingga penanganan refund tiket pesawat,” ungkapnya.

Berdasarkan data Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara, sebanyak 31 pesawat VVIP dan rombongan pendukung tiba di Bandara Ngurah Rai mulai dari pagi hingga malam kemarin.

Adapun kedatangan tersebut, di antaranya pesawat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pukul 11.46 WITA, pesawat Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping pukul 15.01 WITA, pesawat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pukul 15.24 WITA, pesawat Presiden Perancis Emmanuel Macron pukul 16.02 WITA, dan pesawat Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada pukul 23.30 WITA, yang menjadi pesawat VVIP terakhir yang mendarat pada Senin kemarin.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diketahui turut menyambut kedatangan sejumlah tamu negara, di antaranya Menteri Luar Negeri Brazil, Carlos Alberto Franco França, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Perdana Menteri Italia, Ms. Giorgia Meloni, serta Menteri Luar Negeri Suriname, Albert E. Ramdi.

Untuk hari ini, dilaporkan terdapat sejumlah kedatangan pesawat VVIP dan tamu negara lainnya, yakni Presiden World Bank, David Malpass pada pukul 00.34 WITA, Presiden FIFA, Gianni Infantino pada pukul 05.06 WITA, dan pesawat Putra Mahkota atau Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman pada pukul 06.59 WITA.

Sekadar informasi, pada Senin, 14 November, untuk penerbangan reguler domestik tersedia sebanyak 130 slot dengan kapasitas 21.817 kursi atau 57 persen dari periode normal (230 slot dengan kapasitas 39.221 kursi).

Sedangkan, untuk penerbangan internasional, tersedia sebanyak 122 slot dengan kapasitas 39.588 kursi atau 77 persen dari periode normal (159 slot dengan kapasitas 38.040 kursi).