Dalam Forum G20, Lima Negara ASEAN Sepakat Koneksikan Transaksi QR Code
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

BALI - Bank Indonesia (BI) baru saja menandatangani kesepakatan dengan empat bank sentral di kawasan Asia Tenggara terkait dengan konektivitas pembayaran dengan menggunakan QR code.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, MoU ini melibatkan bank sentral Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

"Kita hari ini mencatatkan sejarah dengan menginterkoneksikan pembayaran di ASEAN. Sebuah mimpi yang telah lama kami ingin wujudkan kepada masyarakat," ujarnya dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Regional Payment Connectivity di Nusa Dua, Bali pada Senin 14 November.

Menurut Perry, kolaborasi ASEAN Five bakal membuat sistem keuangan di kawasan menjadi lebih efisien, mudah dan terjamin keamanannya. Dia pun mengungkapkan pula masyarakat nantinya hanya perlu melakukan pemindaian pada QR barcode dan di masing-masing negara anggota.

“Ini adalah langkah besar dari pengembangan Local Currency Settlement yang telah kami gagas sejak 2018,” tuturnya.

Lebih lanjut, bos BI juga menyampaikan jika konektivitas pembayaran ini bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Monetary Authority of Singapore Ravi Menon menyebut sinergi yang terjalin berpotensi memberi dampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi di antara negara ASEAN.

“Jelas kami ingin kerja sama ini bisa pengaruh positif terhadap ekonomi di negara kami,” katanya.