Daftar Negara yang Menerima Pembayaran QRIS dan Cara Menggunakannya
Ilustrasi QRIS (Dok Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Bank Indonesia terus menggenjot percepatan akselerasi digital demi kemajuan ekonomi dan keuangan nasional, salah satu usahanya adalah dengan meluncurkan sistem pembayaran Cross-Border QR Payment Linkage atau QRIS Antarnegara. Ada beberapa negara yang menerima pembayaran QRIS, sehingga memudahkan konsumen dan pedagang melakukan transaksi.

Negara yang Menerima Pembayaran QRIS

Ada berbagai keuntungan yang didapat oleh masyarakat saat menggunakan QRIS, yakni kemudahan transaksi, lebih murah, dan tentu saja lebih murah. Adapun negara yang menerima pembayaran QRIS, yakni sebagai berikut.

1. Negara Thailand

Adanya kerja sama antara Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) makin memudahkan turis asal Indonesia yang ingin berwisata ke negara tersebut. Fase uji coba pun telah berjalan sejak 17 Agustus 2021.

Gubernur BI Perrry Warjiyo menjelaskan, QRIS bisa digunakan secara penuh di Thailand untuk berbagai transaksi. Turis Indonesia bisa berbelanja, berwisata, hingga melakukan pembayaran dalam perdagangan UMKM di negara tersebut.

Masyarakat di Thailand juga tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing, cukup memindai/scan barcode.

2. Negara Singapura

Bank Indonesia (BI) juga bekerja sama dengan Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk menyediakan pembayaran melalui QRIS di Singapura. Namun, rencana peluncuran sistem pembayaran ini akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2023.

“Kerja sama dimaksud ditargetkan untuk diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023 dan diharapkan dapat memfasilitasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien dengan memindai kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau kode QR NETS yang ditampilkan oleh merchants,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan pers, dikutip Selasa, 30 Agustus.

3. Negara Malaysia

Pembayaran melalui QRIS juga tersedia di negara tetangga, Malaysia. Bahkan uji coba sudah dilakukan per bulan Januari. Sistem ini ada atas kerja sama antara BI dengan bank sentral Malaysia (Bank Negara Malaysia/ BNM).

Dengan begitu masyarakat Indonesia maupun Malaysia bisa melakukan pembayaran ritel dengan QRIS atau QR Code Pembayaran Malaysia, yakni DuitNow, di merchant offline maupun online.

4. Negara Filipina

Negara Filipina juga akan segera menerapkan pembayaran QRIS. Saat ini Bank Indonesia dan bank sentral Filipina (Bangko Sentral ng Pilipinas/BSP) tengah menggodok sistem penggunaan QRIS lintas negara tersebut.

Cara Menggunakan QRIS

Metode pembayaran QRIS mulai diuji coba, dan Thailand jadi negara pertama. Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi di Thailand dengan QRIS, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi pembayaran Scan QR Thailand
  2. Masukkan nominal dalam Thai baht
  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah
  4. Masukkan PIN
  5. Transaksi berhasil

Sebagai informasi, pembayaran kode QR yang dilakukan dengan sistem lintas batas berbasis ASEAN akan menggunakan penyelesaian mata uang lokal antar negara, sehingga tak perlu mengonversikannya lewat USD lebih dulu. Dengan demikian, pengguna bisa meminimalisir biaya tambahan lebih sedikit dengan hasil yang lebih maksimal.

Saat ini BI tengah menyasar negara ASEAN. Bahkan, BI menargetkan Arab Saudi sebagai negara yang menyediakan QRIS untuk memudahkan jamaah Indonesia yang melakukan umroh dan haji. Dengan begitu jamaah bisa lebih mudah melakukan pembayaran apapun.

Selain terkait negara yang menerima pembayaran QRIS, dapatkan informasi tentang perbankan dan keuangan terbaru dengan memantau situs dan media sosial VOI.ID.