Bagikan:

YOGYAKARTA - Bisnis afiliasi sedang populer dan banyak dinikmati pada saat ini. Afiliasi menjadi bisnis kekinian yang dapat menghasilkan uang dari internet. Banyak remaja dan anak-anak muda yang tertarik terjun ke bisnis afiliasi karena caranya cukup mudah dan tanpa mengeluarkan biaya. 

Bisnis afiliasi sedang menjamur saat ini berkat adanya teknologi digital. Bisnis afiliasi menawarkan kemudahan dimana pelakunya tidak perlu mempunyai sebuah produk sendiri. Pelaku afiliasi memperoleh keuntungan dengan cara menawarkan produk bisnis orang lain. 

Program afiliasi ditawarkan oleh berbagai perusahaan atau brand, mulai dari brand besar sampai kecil. Program afiliasi yang cukup populer adalah dari Shopee dan Tokopedia. Produk atau layanan bisnis yang masuk dalam program afiliasi pun ada beragam, mulai dari produk fashion, kosmentik, elektronik, jasa layanan pembuatan website, dan sebagainya.

Apa Itu Bisnis Afiliasi

Afiliasi merupakan program bisnis di mana pelakunya mendapatkan keuntungan dari menawarkan atau menjualkan produk atau layanan milik orang lain. Pelaku bisnis afiliasi disebut dengan istilah affiliatte. Affiliate menjalankan bisnis afiliasi dengan cara membagikan link referral. Link tersebut akan menuju ke halaman penjualan produk atau layanannya.

Affiliatte akan mendapatkan keuntungan atau uang ketika pengunjung melakukan pembelian lewat link yang dibagikan tersebut. Bisnis afiliasi tidak hanya dilakukan dengan membagi link referral. Namun juga dapat berupa meminta pengunjung website atau media sosial untuk mendaftarkan akun, mengisi formulir, atau menambahkan alamat email. 

Besaran pendapatan affiliatte tergantung dari jumlah komisi yang diberikan oleh penyedia program afiliasinya. Sebagian program afiliasi memberikan sistem beberapa persen dari penjualan produk. Namun ada juga yang menerapkan sistem lain, bisa itu gaji per bulan, pemberian produk, hingga pemberian voucher belanja atau promo khusus. 

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi dipilih banyak orang sebagai cara menghasilkan uang tambahan. Ada beberapa keunggulan atau kelebihan yang membuat bisnis ini banyak diminati. 

Modal Kecil

Bisnis afiliasi tidak membutuhkan modal besar. Bahkan affilliate bisa tidak mengeluarkan modal sama sekali, atau hanya memerlukan handpoho/komputer dan kuota internet. Pendaftaran menjadi anggota afiliasi pun biasanya tidak dikenakan biaya. 

Tanpa Punya Produk

Banyak orang tertarik dengan bisnis afiliasi karena affiliatte tidak perlu memiliki produk untuk bisa berjualan. Sistem dalam bisnis affiliasi adalah mempromosikan dan menjualkan produk atau layanan milik orang lain. Jadi anda bisa mendapatkan uang tanpa harus kerepotan membuat produk sendiri.

Bisa Menjual Berbagai Produk

Keuntungan lain dari bisnis afiliasi adalah anda bisa menjual berbagai macam produk. Ada banyak brand-brand yang menawarkan program afiliasi. Anda bisa memilih brand atau produk yang sesuai dengan niche atau minat anda. 

Keuntungan Jangka Panjang

Bisnis afiliasi juga disebut sebagai bisnis yang memberikan keuntungan jangka panjang. Bisnis ini disebut bersifat jangka panjang karena link referral yang dibagikan oleh affiliatre dapat dibuka oleh calon konsumen kapan saja dan di mana saja. 

Misalkan affiliatte membagikan link referral di media sosial pada awal tahun. Link tersebut masih bisa dibuka sampai akhir tahun maupun beberapa tahun ke depan asalhkan tidak dihapus. Jadi tanpa perlu membagikan link yang sama, affiliatte berpotensi mendapatkan pemasukkan dari link yang sudah dibagikan sejak lama. Selain itu, benefit jangka panjang akan semakin terasa ketika affiliatte memiliki kolam atau pasar sendiri dalam menyebarkan link referralnya. 

Itulah pengertian dari bisnis afiliasi yang sekarang sedang marak dan banyak diminati oleh anak muda. Bisnis afiliasi bisa menjadi pilihan bisnis samping karena bisnis ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisnis ini cocok bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di tengah waktu luang, seperti mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.