Penyebab Harga BBM Naik Turun di Dunia: 3 Hal Ini Begitu Kuat Pengaruhnya
Penyebab Harga BBM Naik Turun (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Harga minyak dan gas bumi (migas) sejak 2020 naik siginifikan.

Harga untuk satu galon gas reguler adalah 2,58 Dolar Amerika Serikat (AS) pada 6 Januari 2020.

Harganya anjlok 31 persen menjadi 1,77 dolar AS pada akhir April 2020 dan kemudian naik 24 persen menjadi 2,20 dolar AS per galon pada 13 Juli 2020, di mana harganya tetap stabil untuk sisanya. di tahun ini.

Hingga tahun 2021, harga terus meningkat, naik 46 persen hingga akhir tahun di 3,28 dolar AS.

Pada Maret 2022, harga gas telah naik di atas 4,10 dolar AS, tertinggi sejak Juli 2008.

Lalu apa penyebab harga BBM naik turun di dunia?

Kombinasi faktor, termasuk respons terhadap pandemi virus corona alias COVID 19, menciptakan volatilitas ekstrem ini.

Penyebab Harga BBM Naik Turun

BBM Dunia (Freepik)

Harga gas dan harga minyak yang mendasari ditentukan oleh tiga faktor: penawaran dan permintaan, pedagang komoditas, dan nilai dolar.

Penawaran dan permintaan

Seperti kebanyakan barang yang Anda beli, penawaran dan permintaan mempengaruhi harga gas dan minyak. Ketika permintaan lebih besar dari penawaran, harga naik, dan sebaliknya. Misalnya, eksplorasi cadangan minyak serpih baru AS meningkatkan pasokan minyak pada tahun 2014, dan harga gas turun, tetapi ledakan itu berbalik ketika harga rendah membuat banyak produsen gulung tikar.

Permintaan musiman juga mempengaruhi harga minyak dan gas. Biasanya, harga gas naik setiap musim semi. Permintaan gas meningkat di musim panas karena keluarga pergi berlibur. Peraturan juga mengharuskan peralihan ke bensin kelas musim panas, yang lebih mahal untuk diproduksi.

Pedagang Komoditas

Pedagang komoditas, seperti bensin, gandum, dan emas, juga menyebabkan harga gas tinggi. Mereka membeli minyak dan bensin di pasar komoditas berjangka.

Pasar tersebut memungkinkan perusahaan untuk membeli kontrak bensin untuk pengiriman di masa depan dengan harga yang disepakati.

Tetapi sebagian besar pedagang tidak memiliki niat untuk mengambil kepemilikan. Sebaliknya, mereka berencana untuk menjual kontrak untuk mendapatkan keuntungan.

Baik harga gas maupun minyak dipengaruhi oleh naik turunnya kontrak berjangka ini. Harga tergantung pada apa yang pembeli pikirkan tentang harga gas atau minyak di masa depan.

Dengan cara ini, pedagang komoditas membuat ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya, yang mengarah ke gelembung aset. Sayangnya, orang yang membayar gelembung ini adalah Anda, di pompa bensin.

Nilai Dolar

Harga gas dan minyak juga naik ketika nilai dolar AS menurun. Harga minyak naik antara 2002 dan 2008 karena dolar terdepresiasi secara signifikan selama waktu itu.

Harga minyak turun antara akhir 2014 dan 2016, sebagian karena alasan ini. Dolar yang kuat memungkinkan anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menghasilkan lebih banyak uang sambil menjaga pasokan tetap konstan.

Apa Dampak Harga Gas dan Minyak Naik Turun?

Harga gas dan minyak yang tinggi diciptakan, sebagian besar, oleh harga minyak mentah yang tinggi.

Biaya minyak mencapai 43 persen dari harga bensin biasa. Sisanya 57 persen berasal dari distribusi dan pemasaran, pemurnian, dan pajak. Input ini tidak berubah sesering harga minyak.

Ketika harga minyak naik, Anda juga dapat mengharapkan untuk melihat harga gas pada akhirnya naik di pompa. Kenaikan 10 dolar AS harga minyak (per barel) diterjemahkan menjadi 0,25 dolar AS kenaikan harga gas (per galon) dalam jangka panjang.

Jadi setelah mengetahui penyebab harga BBM naik turun, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!