Bagikan:

YOGYAKARTA - Staf Spesialis atau Ahli Menteri Keuangan Wempi Saputra sah menduduki posisi Direktur Eksekutif Bank Dunia yang baru.

Hal ini dikenal dari ucapan selamat yang diunggah Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu lewat Instagramnya @febriokacaribu. Yuk kita bahas profil Wempi Saputra.

"Ucapan selamat saya tujukan pada Pak Wempi Saputra dengan jabatan barunya sebagai Executive Director World Bank. Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menkeu ini tidak diragukan lagi kesanggupannya," ujar Febrio, Selasa, 25 Oktober.

Profil Wempi Saputra

Wempi sudah mengabdikan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Keuangan selepas jenjang Diploma III yang dicapai di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) pada tahun 1995.

Sembari berprofesi, dia melanjutkan program ekstensi, fakultas ekonomi Universitas Indonesia dan lulus dengan predikat cum laude.

Pengajaran Master-nya dicapai di jurusan Keuangan Publik di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) Tokyo kemudian melanjutkan program Doktornya pada 2012 di bidang yang sama, di Graduate School of Economics, Universitas Nagoya Jepang dengan disertasinya yang berjudul “Essays on the Fiscal Federalism and the Unitary System”.

Dengan berbekal ilmu yang dimiliki itu, tidak perlu diragukan lagi kesanggupan Wempi di bidang ekonomi, malahan sekarang dia menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan yang tugasnya juga sebagai Kepala Staf Kantor Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan.

Sebelumnya, Wempi bertugas di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai selama 17 tahun dan bergabung di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan semenjak 2012, sebagai Kepala Bidang di Pushaka, Kepala Komponen di Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan dan Chief Change Management Officer II di Central Transformation Office Kementerian Keuangan.

Adapun tugas khusus lainnya yang pernah dilakukan ayah dua anak ini, di antaranya sebagai Sekretaris Klasifikasi Kerja dan Manajer Proyek National Organizing Committee of Annual Meetings of International Monetary Fund-World Bank Group 2018 di Bali Indonesia, Kepala Task Force Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, serta Kepala Sekretariat Reformasi Regu Bersama, Komite Reformasi Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Jadi setelah mengetahui profil wempi saputra, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!