Targetkan 5.600 Warga Sumut Terima Sambungan Listrik Gratis dari Pemerintah, Sebanyak 292 RT Sudah Terealisasi
Foto: Dok. Kementerian ESDM

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) menyalurkan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 5.600 rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara. Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat tidak mampu.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengungkapkan, dari 5.600 rumah tangga yang mendapatkan alokasi BPBL Provinsi Sumatera Utara tersebut, sebanyak 894 titik berlokasi di wilayah Kabupaten Deli Serdang.

"Hingga 14 Oktober 2022 telah tersambung sebanyak 292 rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara. Kementerian ESDM dan PLN berkomitmen untuk menuntaskan penyelesaian penyambungan listrik program ini hingga akhir tahun anggaran 2022," ujar Jisman dalam keterangan resmi, Rabu 26 Oktober.

Seperti diketahui, program BPBL merupakan sinergi antara Kementerian ESDM dan DPR RI sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi. Kementerian ESDM menugaskan PLN untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL Tahun Anggaran 2022 dengan target 80.000 sambungan diseluruh Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR Hendrik Sitompul mengatakan BPBL merupakan salah satu program prioritas yang mendapat perhatian serius dari Komisi VII DPR RI karena memberi dampak langsung kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya yang kurang mampu.

"Pada tahun 2022, terdapat 80.000 rumah tangga yang mendapat sasaran program bantuan pasang baru listrik termasuk di Provinsi Sumatera Utara," ucapnya.

Sementara, Wakil Bupati Deli Serdang M. Ali Yusuf Siregar mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementerian ESDM khususnya Ditjen Ketenagalistrikan, Komisi VII DPR RI, dan PLN yang telah memberikan perhatian dan kepedulian pada Kabupaten Deli Serdang.

"Diharapkan dengan program BPBL ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, dimanfaatkan sebaik-baiknya, gunakan dengan aman dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya" kata Ali.

Adapun EVP Pelayanan Pelanggan Retail PLN Mohammad Munief Budiman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM dalam hal ini Ditjen Ketenagalistrikan yang memberikan kepercayaan kepada PLN untuk penugasan program BPBL.

Tiga warga penerima bantuan BPBL di Deli Serdang yakni Yanti (45), Marwiyah (41), dan Hasnah (70).

"Saya senang bisa mendapatkan listrik, semoga kedepannya semua warga bisa merasakan listrik yang lebih lagi," ujar Yanti.

Marwiyah yang bekerja sebagai nelayan ini biasanya menyalur listrik dari rumah tetangganya kini memiliki meter listrik sendiri. Ia mengucapkan terima kasih atas listrik gratis yang diberikan oleh pemerintah. "Saya sangat senang atas bantuan listrik gratis ini," ujar Marwiyah.