Bagikan:

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah mencapai kesepakatan dengan Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) terkait dengan penyediaan layanan ekosistem digital.

EVP Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta mengatakan, dalam kolaborasi ini pihaknya memberikan akses platform Agree yang mencakup piloting implementasi, penyediaan panduan, dan pelaksanaan operasional serta perawatan platform.

“Dalam hal ini Bank Sumut diharapkan bisa mendapat keuntungan untuk menunjang bisnis serta mendukung pengembangan ekosistem agrikultur ke depan,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu, 26 Oktober.

Menurut Nanta, akses yang dikelola sangat mungkin membuat Bank Sumut untuk memperluas pasar UMKM yang terhubung digital mulai dari hulu, proses produksi, sampai ke hilir.

“Tren digitalisasi dipercaya mampu meningkatkan customer experience nasabah dan Telkom siap mendukung langkah Bank Sumut yang saling menguntungkan dalam menunjang usaha kedua belah pihak,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menyatakan sinergi yang terbangun ini dilakukan sejalan dengan komitmen perseroan untuk mendorong perekonomian Sumatera Utara.

Kata dia, Bank Sumut membidik sektor pertanian dan berupaya meningkatkan kesejahteraan petani melalui pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR).

“Pemanfaatan teknologi untuk pembiayaan KUR diharapkan dapat menumbuhkan kalangan petani milenial, meningkatkan akses literasi, dan inklusi keuangan serta meningkatkan daya saing produk pertanian di wilayah Sumatera Utara,” tegas Rahmat.

Sebagai informasi, Agree merupakan bagian dari Leap, yakni umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia yang mengintegrasi tiga fitur utama yakni Agree Partner, Agree Modal, dan Agree Market.

Telkom sendiri menyebut Leap akan mampu mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.