Telkom Perkenalkan Indibiz sebagai Ekosistem Solusi Digital Dunia Usaha Indonesia
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Bertepatan di Hari Ulang Tahun ke-58, Badan Usaha Milik Negara Telkom Indonesia memperkenalkan Indibiz sebagai ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia, termasuk pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Melalui Indibiz, Telkom semakin fokus menggarap segmen business to business (B2B) khususnya sektor unit usaha di berbagai daerah di Indonesia seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

“Ekosistem solusi dunia usaha yang dihadirkan Indibiz tersebut mampu mempercepat proses digital bisnis, meningkatkan produktivitas kerja, memperluas akses pasar di tingkat global yang mempermudah pelaku usaha lebih inovatif membesarkan unit usaha yang ditekuni,” jelas OSM Regional Business Marketing Telkom Indonesia, Afifudin, dikutip dari Antara, Minggu 9 Juli.

Bersama pelaku usaha yang jumlahnya mencapai 64 juta unit usaha di Indonesia, Indibiz bersiap membawa bisnis masuk ke ranah digital dan mendunia melalui empat pilar solusi.

Pilar pertama, solusi platform dan layanan digital, sementara pilar yang kedua berupa kolaborasi dengan start up dan para pengembang yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Ketiga, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan dan terakhir kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Berbagai inovasi produk yang dihadirkan Telkom meliputi Indibiz Pay, solusi digital untuk proses pembayaran, komunikasi omnichannel yang terintegrasi melalui Omni Channel Assistant (OCA), solusi digital untuk ekosistem pendidikan bernama Pijar, dan solusi monitor jaringan yang komprehensif untuk semua pelaku usaha seperti produk Netmonk, Layanan Satu dan TEMS MDM.

Telkom juga memiliki Logee, solusi digital untuk sektor logistik, Agree, platform digital untuk bidang pertanian, Kuncie, platform digital untuk belajar bisnis dan ratusan produk digital lainnya yang juga didukung konektivitas dari Telkom, serta solusi digital untuk industri perhotelan melalui produk IOT Envion.