Tingkatkan Kenerja Perdagangan, Mendag Zulhas Bahas Rencana Imbal Dagang dengan Delegasi Bisnis Jepang
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu delegasi Jepang guna membahas rencana imbal dagang antara pelaku usaha kedua negara.

Hal ini dilakukan guna mendukung pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja perdagangan.

Pertemuan Mendag Zulkifli Hasan delegasi bisnis Jepang berlangsung di sela gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di International Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.

Delegasi bisnis Jepang merupakan perwakilan pelaku usaha dan importir produk Indonesia untuk sektor furnitur, produk kayu dan perkakas rumah tangga, cangkang kernel kelapa sawit, makanan dan minuman, serta pertanian.

"Pertemuan membahas rencana imbal dagang antara pelaku usaha kedua negara untuk produk cangkang kernel kelapa sawit, pupuk, dan ban mobil dari Indonesia dengan produk susu olahan dari Jepang," katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 21 Oktober.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan berharap, hubungan dagang yang sudah terjalin baik antara Indonesia dan Jepang di berbagai sektor dapat terus dijaga dan ditingkatkan, termasuk produk halal.

"Kementerian Perdagangan dan perwakilan perdagangan siap membantu dan mendukung pelaku usaha dalam meningkatkan kinerja perdagangan, khususnya ekspor produk Indonesia ke pasar Jepang," tuturnya.

Pada pertemuan tersebut, Zulhas juga mengapresiasi pelaku usaha Jepang atas partisipasi dalam kegiatan TEI 2022. Selama dua hari gelaran TEI 2022, Jepang telah melakukan transaksi komitmen dagang sebesar 412 juta dolar AS dan diharapkan dapat terus meningkat.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi delegasi bisnis dalam rangkaian kegiatan TEI 2022. Saya mengapresiasi tinggi kerja sama yang baik yang telah terjalin antara saudara-saudara sekalian dengan pelaku usaha Indonesia," katanya.

Sekadar informasi, pada periode Januari-Agustus 2022, total perdagangan kedua negara Indonesia-Jepang mencapai 27,71 miliar dolar AS.

Pada periode yang sama, ekspor Indonesia ke Jepang tercatat sebesar 16,26 miliar dolar AS.

Sedangkan impor Indonesia dari Jepang tercatat sebesar 11,44 miliar dolar.

Sementara pada 2021, total perdagangan kedua negara mencapai 31,52 milar dolar AS dengan nilai ekspor Indonesia ke Jepang tercatat sebesar 17,81 miliar dolar AS dan impor Indonesia dari Jepang sebesar 14,66 miliar dolar AS.