4 Industri Paling Tahan Resesi, dari Kesehatan hingga Pendidikan
Ilustrasi (viarami/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Peringatan tentang resesi 2023 membuat pengusaha ketar-ketir karena bakal memberikan pukulan telak terhadap kelangsungan usaha. Kendati demikian, sektor industri tertentu dianggap memiliki ketahanan yang baik terhadap resesi. Lantas, apa industri paling tahan resesi?

Industri Paling Tahan Resesi

Profesor Ekonomi di Universitas Harvard sekaligus Mantan Ekonom di Departemen Keuangan AS Karen Dynan, ada empat sektor industri yang memiliki ketahanan yang baik terhadap resesi. Keempat industri tersebut yakni kesehatan, pemerintahan, teknologi, dan edukasi, sebagaimana dikutip VOI dari CNBC, Rabu, 19 Oktober 2022.

Berikut ulasan mengenai keempat sektor industri tersebut.

  1. Industri Kesehatan

Industri kesehatan merupakah salah satu industri yang tahan banting terhadap resesi. Kendati krisis ekonomi melanda dunia, selama masih ada manusia, sektor kesehatan tetap akan Berjaya.

Pada pandemi COVID-19 lalu, jasa kesehatan adalah sektor yang paling tumbuh. Setelah penyebaran virus corona SARS-CoV-2 mulai mereda, industri layanan kesehatan juga semakin ditingkatkan.

Bukti industri kesehatan bakal tetap tahan banting terhadap resesi bisa dilihat dari kunjungan pasien yang tidak pernah sepi mulai dari klinik kecil hingga rumah sakit besar.

  1. Pemerintahan

Sebagaimana diketahui, resesi adalah sebuah kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk. Resesi ditandai dengan adanya penurunan produk domestik bruto (PDB), jumlah pengangguran meningkat, serta pertumbuhan ekonomi rill negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Nah, dari sekian banyak sektor industri, pemerintahan menjadi sektor yang paling tahan banting ketika terjadi ekonomi. Sektor ini meliputi semua unit kelembagaan, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemerintah negara bagian.

Pemerintah memiliki peranan penting terhadap aspek ekonomi dan bisnis. Pasalnya, pemerintah bisa menerapkan berbagai kebijakan dan peraturan yang bisa memengaruhi aktivitas ekonomi.

  1. Teknologi
ilustrasi industri teknologi
Ilustrasi industri teknologi (jplenio-Pixabay)

Sektor lainya yang memiliki ketahanan terhadap resesi adalah industri teknologi dan komputer.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, salah satu industri yang mengalami pertumbuhan paling cepat di masa depresi besar yang melanda Amerika Serikat adalah sektor teknologi informasi.

Pertumbuhan ini terlihat dari banyaknya kalangan atas dan kelas menengah yang terus mengganti gadget dengan seri yang terbaru dan paling canggih. Tak hanya itu, mereka juga memasang sistem keamanan tingkat tinggi untuk melindungi rumah mereka dari tindak kejahatan.

Dengan demikian, dapat diasumsikan, orang-orang kalangan atas dan kelas menengah berupaya menikmati kecanggihan teknologi agar lebih mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dalam dunia kerja, keberadaan teknologi yang canggih juga dapat meningkatkan produktivitas.

Intinya, masyarakat akan terus bergantung terhadap teknologi. Kondisi ini membuat sektor yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti penyedia pulsa, kuota internet dan aksesoris pendukung akan mampu bertahan jika berhadap dengan situasi ekonomi yang sulit.

  1. Pendidikan

Pendidikan termasuk industri yang memiliki ketahanan kuat terhadap resesi. Bersama dengan sektor kesehatan, pendidikan atau edukasi merupakan kebutuhan yang tidak tergantikan. Tidak peduli betapa terpuruknya kondisi ekonomi, pelajar dan mahasiswa tetap harus mendapatkan pendidikan.

Pada saat wabah virus corona SARS-CoV-2 menyebar dengan sangat cepat keseluruh dunia, sektor pendidikan tetap berjalan. Para peserta didik bisa belajar dengan aman di rumah setelah memanfaatkan teknologi.

Demikianlah informasi seputar industri yang paling tahan tahan resesi. Anda tidak perlu khawatir ketika terjadi resesi, sebab situasi ekonomi yag sulit bisa diatasi dengan menyiapkan dana darurat.