APSAI Dukung Program Eduwisata Penggunaan Transportasi Massa kepada Pelajar Jakarta
Foto: Dok. Food Station Tjipinang Jaya

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membentuk kesadaran masyarakat untuk menggunakan Moda Transportasi Masa dan Modern, Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Jakarta mendukung upaya Jakarta Tourism Forum (JTF) yang berkolaborasi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan Management LRT Jakarta menggelar Program kegiatan Eduwisata untuk memberikan pengalaman serta pengenalan tentang LRT Jakarta kepada 5.000 Siswa/i Tingkat PAUD,TK,SD,SMP.SMA dan SMK se Provinsi DKI Jakarta.

Dengan dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, kegiatan Eduwisata ini akan mengajak pelajar anjangsana ke industri perkeretaapian modern LRT Jakarta. Rencananya kegiatan EduTrip dibuka bagi pelajar setiap hari Senin, Rabu Jumat selama bulan September hingga Desember 2022 dari jam 09.30-12.00

"Melalui kegiatan ini, peserta dapat langsung merasakan experience menggunakan sarana transportasi dan menjajal langsung simulator yang didampingi oleh certified coach," ujar Pamrihadi Wiraryo sebagai Ketua APSAI DKI Jakarta, Kamis 13 Oktober.

Pamrihadi menambahkan, kegiatan Eduwisata ini juga bertjujuan mendukung pemerintah daerah guna mensosialisasikan penggunaan moda transportasi massa serta mensosialisasikan moda transportasi modern kepada anak usia didik guna memiliki kesadaran menggunakan transportasi massa. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan perkeretaapian, keterampilan menjadi masinis, maupun soft skill dan

hard skill pelajar.

"Sebagai Ketua APSAI DKI Jakarta, saya sangat mengapresiasi kegiatan EduTrip ini, sebagai metode pembelajaran bagi generasi muda kita, para pelajar di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya sejak tingkat PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan setara untuk lebih mendalami terkait perkeretaapian sebagai transportasi massa," ungkap Pamrihadi.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya ini juga mengatakan, melalui acara ini para pelajar dapat merasakan kenyamanan menggunakan kereta api sebagai transportasi massa, serta mendapatkan direct experience yang lebih melekat masuk ke dalam memori ingatan pembelajaran mereka. Sehingga ke depannya dapat menjadi preferensi transportasi mereka, serta apa yang mereka ketahui hari ini, dapat menjadi bekal untuk pengembangan moda transportasi bangsa pada masanya mereka nanti.

"Sebagai kota yang modern, kita berharap kemacetan di Jakarta akan semakin berkurang dan masyarakat akan lebih banyak menggunakan transportasi publik yang mempermudah mobilitas masyarakat sehingga Jakarta akan menuju kota yang bebas polusi," ujarnya.

"Saya berhaharap acara yang dibuka hari ini sampai dengan Desember 2022, mudah-mudahan dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya sehingga dapat mengedukasi lebih banyak lagi pelajar yang menjadi harapan dari bangsa ini," imbuh dia.

Sekadar informasi APSAI merupakan lembaga independen yang dapat menentukan kriteria kelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak-hak anak dan mengukur kelayakan sebuah perusahaan yang layak bagi anak.

Didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan organisasi-organisasi perlindungan anak, seperti UNICEF dan Save The Children, APSAI bertujuan untuk memperhatikan kesejahteraan anak-anak Indonesia. Asosiasi ini akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.